alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Rekomendasi Tempat Wisata Yogyakarta yang Keren Banget, Jangan Sampai Kamu Lewatkan

Galih Priatmojo Sabtu, 25 September 2021 | 15:44 WIB

6 Rekomendasi Tempat Wisata Yogyakarta yang Keren Banget, Jangan Sampai Kamu Lewatkan
Pantai Parangtritis. (Guideku/Silfa Humairah)

Berikut deretan tempat wisata yogyakarta yang bisa kamu kunjungi

SuaraJogja.id - Berbicara soal tempat wisata Yogyakarta pasti ga bakal ada abisnya. Beragam jenis wisata budaya, alam, sejarah, kuliner bisa ditemukan di kota berjuluk Kota Pelajar ini. Kamu dapat memilih wisata di Yogyakarta sesuai dengan seleramu.

Masih bingung mau pilih yang mana? Berikut rekomendasi tempat wisata Yogyakarta yang wajib kamu telusuri :

1. Candi Prambanan

Salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang paling sering didatangi pengunjung. Terutama saat musim liburan pasti Candi Prambanan sangat ramai. Jika kamu berkunjung ke Candi Prambanan, kamu akan menemukan relief yang diukir mengelilingi candid an menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Dari pusat kota Yogyakarta jaraknya sekitar 17 km. Bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi, kamu dapat naik bus dan turun di depan halte Candi Prambanan. Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal dewasa Rp40.000 dan untuk wisatawan lokal anak – anak Rp10.000.

Baca Juga: Satgas Saber Pungli Dorong Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta Naikkan Predikat ke WBBM

Umat Hindu menggelar ritual Upacara Tawur Agung Kesanga di plataran Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (13/3/2021). - (Kontributor SuaraJogja.id/Julianto)
Umat Hindu menggelar ritual Upacara Tawur Agung Kesanga di plataran Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (13/3/2021). - (Kontributor SuaraJogja.id/Julianto)

2. Pantai Parangtritis

Selanjutnya wisata yang satu ini cukup popular yaitu Pantai Parangtritis. Lokasinya ± 25 km dari selatan pusat kota Yogyakarta. Pantai ini emiliki ombak yang kuat dan besar, kamu harus tetap waspada saat bermain disana ya. Terdapat beberapa bukit yang memperindah pemandangan, bukit tersebut membuat Pantai Parangtritis berbeda dengan pantai lainnya. Indahnya lagi kamu bisa melihat sunset sambil berfoto – foto. Selain bersantai kamu bisa coba bermain paralayang di Bukit Parangndog. Tiket masuk ke Pantai Parangtritis cukup membayar Rp10.000 kamu sudah bisa menikmati keindahan sekitar pantai.

3. Jalan Malioboro

Salah satu nama jalan yang menjadi tempat wisata yaitu Jalan Malioboro. Hukumnya wajib berfoto di plang Jalan Malioboro saat berada disana. Di Jalan Malioboro ini kamu dapat memborong aneka ragam oleh – oleh mulai dari baju, celana, sandal, gantungan kunci, batik, kerajinan tangan, dan barang – barang unik lainnya, selain itu kamu juga bisa mencicipi makanan yang ada di pinggir Jalan Malioboro. Tenang saja harga yang ditawarkan murah meriah lho.

Pengunjung memadati kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta, Kamis (11/3/2021). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Pengunjung memadati kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta, Kamis (11/3/2021). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

4. Gunung Merapi

Baca Juga: Yogyakarta dan Bali Jadi Tempat Lahir Seniman Indonesia, Ahli Otak Ungkap Alasannya

Bagi yang suka mendaki gunung pasti sudah taka sing dong dengan wisata yang satu ini yaitu Gunung Merapi. Tempat favoritnya para pendaki gunung nih. Apalagi jika tiba di puncaknya sambil melihat matahari terbit, itulah salah satu momen yang dapat menghilangkan rasa lelah saat mendaki. harga tiketnya sebesar Rp16.000.

5. Air Terjun Sri Gethuk

Berikutnya wisata alam Air Terjun Sri Gethuk menawarkan kesegaran air jernih yang dapat membangkitkan kesenangan kita. kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alami di sekitar sungai. Air terjun mengalir diantara tebing – tebing Karst. Menariknya lagi, kamu bisa melihat bebatuan nan cantik dan merasakan pijatan dari air terjun. Sudah terasa belum sensasi segarnya air terjun sri gethuk? Bagi kamu yang tertarik berkunjung kesana, lokasinya berada di Desa Bleberan, Gunung Kidul. Harga tiket masuknya juga terjangkau lho Rp15.000 saja.

6. Museum Affandi

Jika kamu yang mau merasakan wisata berbeda, kamu bisa datang ke Museum Affandi. Bagi pecinta lukisan, tempat ini pasti menjadi favorit dan memiliki magnet tersendiri. Disetiap lukisannya pasti terdapat makna dan ceritanya tersendiri. Museum Affandi menyajikan lukisan koleksi Affandi sewaktu hidup dan aktif berkarya.

Museum Affandi
Museum Affandi

Selain itu ada juga benda dan koleksi foto yang menggambarkan kehidupan pelukis. Bagi kamu yang berminat kunjungi Museum Affandi, dapat langsung ke Jl Laksda Adisucipto. Cukup membayar Rp20.000 per orang.

Penulis: Elisa Naomi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait