alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Hilangkan Sakit Leher karena Terlalu Lama Bekerja, Coba 5 Pose Yoga Ini

Eleonora PEW Senin, 27 September 2021 | 16:25 WIB

Cara Hilangkan Sakit Leher karena Terlalu Lama Bekerja, Coba 5 Pose Yoga Ini

Coba 5 pose yoga untuk menghilangkan sakit leher berikut ini.

SuaraJogja.id - Sakit leher, bahu, punggung, juga pinggang sering terjadi pada karyawan kantoran, apalagi ketika tuntutan kerja tak ada habisnya. Banyak waktu sehari-hari pun tersita untuk bekerja.

Jika sudah begitu, kesehatan mental dan fisik jadi terabaikan, padahal tanpa kondisi yang stabil, bukan hanya pekerjaan, kegiatan sehari-hari pun bakal kacau. Salah satu yang sering terjadi adalah stres hingga menyebabkan leher kaku atau sakit leher.

Kondisi sakit leher yang terjadi berulang kali tak jarang membuat Anda susah menengok hingga terpaksa harus ke fisioterapi atau dokter untuk mengatasinya.

Maka dari itu, untuk menghindari kejadian tersebut, ketika Anda mulai merasakan nyeri dan leher tegang, lakukan lima pose yoga untuk menghilangkan sakit leher berikut ini jika Anda punya waktu istirahat di tengah padatnya pekerjaan:

Baca Juga: Hati-hati, Sakit Kepala Migrain Bisa Jadi Tanda Mengancam Jiwa!

1. Marjaryasana-Bitilasana (cat-cow pose)

Cat-cow pose, atau pose kucing-sapi, secara langsung menargetkan dan meregangkan otot leher dan bahu Anda. Pose ini juga merangsang dan memperkuat organ perut, membuka dada, serta membantu Anda mencapai pernapasan yang lambat dan dalam.

Mulailah cat-cow pose dengan table pose (menyangga tubuh menggungakan telapak tangan yang sejajar dengan bahu dan lutut yang sejajar dengan pinggul). Cekungkan punggung, dan lihat ke langit-langit (cow pose/bitilasana). Kemudian, perlahan lengkungkan punggung dan bahu ke depan, turunkan dagu hingga hampir menyentuh dada (cat kucing/marjaryasana). Tarik napas setiap pandangan ke atas atau cow pose, dan buang napas ketika pandangan ke bawah atau cat pose.

2. Parsva Balasana (thread the needle pose)

Sakit leher atau bahu yang parah bisa mengakibatkan postur tubuh tidak sejajar, sehingga meregangkan bahu penting untuk menghilangkan nyeri leher. Salah satunya dengan thread the needle pose.

Baca Juga: Dialami Hanung Bramantyo, Waspadai Peneybab dan Gejala Saraf Kejepit

Diawali dengan table pose, tekan tangan kiri untuk memperkuat sanggaan badan. Lalu, angkat tangan kanan, letakkan ke lantai di belakang tangan kiri, dengan posisi telapak tangan menghadap atas. Biarkan bahu dan kpala bagian kanan Anda ke lantai. Perlahan kembali ke posisi awal sebelum berpindah sisi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait