alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cerita Penyandang Disabilitas Jogja, Berupaya Sembuh hingga Nyaris Putus Asa Dapat Vaksin

Eleonora PEW | Muhammad Ilham Baktora Selasa, 05 Oktober 2021 | 08:53 WIB

Cerita Penyandang Disabilitas Jogja, Berupaya Sembuh hingga Nyaris Putus Asa Dapat Vaksin
Emi Kartini saat bercerita kepada wartawan yang telah mendapat vaksin di rumahnya 28/RW 10, Kalurahan Giwangan, Kemantre Umbulharjo, Kota Jogja, Senin (4/10/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Emi dan anaknya saat ini bertumpu dengan penghasilan suami yang bekerja di SMAN 6 Yogyakarta.

SuaraJogja.id - Matanya sedikit berkaca-kaca ketika sejumlah orang berseragam Aparatur Sipil Negara (ASN) menyambangi rumahnya di RT 28/RW 10, Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, Kota Jogja, Senin (4/10/2021). Sambil mengucapkan terima kasih, wanita 50 tahun itu menangis haru dengan kedatangan para perangkat Kelurahan dan Dinas Kesehatan yang memberikan vaksin Covid-19.

Terlihat seorang wanita berseragam ASN yang merupakan Lurah Giwangan menyemangatinya untuk bisa segera pulih dari sakit stroke. Wanita kelahiran Giwangan ini hanya bisa terduduk lemah di atas kursi roda selama hampir 10 bulan lamanya.

Emi Kartini tak pernah menyangka akan menjadi disabilitas setelah sebagian anggota tubuh kirinya mati rasa karena sakit stroke yang tiba-tiba dialaminya. Pasrah, menjadi hal pertama yang ia pikirkan saat itu.

Wanita 50 tahun ini merupakan warga Giwangan yang cukup aktif di lingkungan RT. Kegiatan warga setempat tak pernah ketinggalan untuk sekedar menunjukkan batang hidungnya.

Baca Juga: Wow, Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Masuk 5 Besar Terbaik Dunia

Penyakit yang dia alami datang tanpa diduga setelah Emi dan tetangganya berkunjung ke Kulonprogo. Tujuannya untuk melihat bagaimana sebuah destinasi wisata desa agar bisa dimodifikasi di Giwangan ke depan.

"Ketika kembali ke rumah itu badan rasanya sakit. Setelah solat tahajud saya seperti ngeces (tidak bisa menelan air liur) terus dan bagian tubuh kiri saya tidak bisa bergerak," terang Emi ditemui SuaraJogja.id saat menerima vaksin di kediamannya, Senin (4/10/2021).

Takut akan bertambah parah, dirinya dibawa oleh suami dan kakaknya ke rumah sakit. Dari keterangan dokter, Emi mengalami stroke di sebagian tubuhnya.

Emi Kartini menerima vaksin dari petugas kesehatan yang mendatangi rumah warga disabilitas di wilayah RT 28/RW 10, Kalurahan Giwangan, Kemantre  Umbulharjo, Kota Jogja, Senin (4/10/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)
Emi Kartini menerima vaksin dari petugas kesehatan yang mendatangi rumah warga disabilitas di wilayah RT 28/RW 10, Kalurahan Giwangan, Kemantre Umbulharjo, Kota Jogja, Senin (4/10/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Peristiwa itu dia alami pada akhir 2020 lalu, saat pandemi Covid-19 sudah menyebar di Kota Jogja.

Wanita yang memiliki usaha sembako di rumahnya ini terpaksa berhenti. Emi dan anaknya saat ini bertumpu dengan penghasilan suami yang bekerja di SMAN 6 Yogyakarta.

Baca Juga: Bangga! Salip Jepang, Vaksinasi Covid-19 Indonesia Peringkat Lima Dunia

"Sejak sakit sampai hari ini tidak pernah jualan lagi. Bergerak tidak bisa, sehingga hanya bergantung kepada suami saja," ujar dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait