alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kagum Penampilan Dalang Cilik Asal Rejowinangun, Sandiaga Uno Ingin Ajak Tampil ke Amerika

Galih Priatmojo | Rahmat jiwandono Jum'at, 08 Oktober 2021 | 18:08 WIB

Kagum Penampilan Dalang Cilik Asal Rejowinangun, Sandiaga Uno Ingin Ajak Tampil ke Amerika
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) berbincang dengan dalang cilik Alby Ersani Widyaputra (9) saat mengunjungi Kotagede, Kota Jogja. [Rahmat Jiwandono / SuaraJogja.id]

Sandiaga Uno terpikat dalang cilik Alby Ersani Widyaputra

SuaraJogja.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berniat untuk mengajak dalang cilik Alby Ersani Widyaputra (9) untuk bisa tampil di Washington D.C, Amerika Serikat. Itu usai melihat penampilannya kala berkunjung ke Kampung Wisata Rejowinangun, Kotagede, Kota Jogja pada Jumat (8/10/2021). 

"Saya berpikir karena dia punya potensi, ingin mengajak mendalang dia di Washington D.C, Amerika Serikat. Tentu berangkat ke sananya bersama keluarganya," kata Sandiaga. 

Dia menyebut bahwa usia dalang cilik tersebut sama dengan putranya yaitu Sulaiman. Namun, Alby sudah bisa memainkan wayang dengan baik. 

"Seumuran dengan anak saya tapi sudah bisa mendalang dengan sangat baik," terang dia. 

Baca Juga: Kata Sandiaga Uno Soal Anak di Bawah 12 Tahun Masuk Objek Wisata: Akan Ada Keringanan

Dia pun menyempatkan untuk berdialog dengan Alby. Sandiaga juga menonton aksi dalangnya di channel Youtube Alby Ersani. 

"Tadi waktu saya lihat lewat akun Youtube-nya, jumlah subscribernya kurang 10 orang untuk bisa tembus seribu subscriber. Jadi tadi langsung subscribe sehingga tembus seribu," tuturnya. 

Guna menunjang penampilannya saat pentas, Sandiaga membelikan wayang yakni tokoh lima pandawa. Lima wayang itu dibeli seharga Rp10 juta. 

"Tadi dia minta wayang standard lima pandawa yang sudah dibeli di UMKM setempat. Totalnya Rp 10j uta yang sudah dibayarkan, jadi itu nanti itu untuk dia," ujarnya. 

Dia meminta pengelola kampung wisata Rejowinangun untuk membelikan Alby kamera yang layak. Supaya hasil rekamannya untuk diunggah di Youtube berkualitas bagus. 

Baca Juga: Kunjungi Kotagede, Sandiaga Uno Janji akan Buka Sejumlah Tempat Wisata di DIY

"Untuk pengelola kampung, saya minta dia dibelikan kamera untuk Youtubenya, soalnya tadi pas live agak goyang-goyang. Saya minta untuk disiapkan kamera HP yang kualitasnya bagus. Supaya hasil rekamannya akan lebih bagus karena melestarikan wayang," tambahnya.   

Sebelumnya, Alby memberi suguhan wayang kulit untuk Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno. Alby mengatakan bahwa ia belajar mendalang sejak umur tiga tahun. Ia mengakui tertarik dengan wayang karena senang. 

"Dengan bermain wayang saya bisa menjiwai," ujarnya. 

Perkenalannya dengan wayang kulit saat ia menonton televisi. Lantas, ia mulai belajar secara autodidak lewat Youtube. 

"Pertama kenal wayang dari televisi. Lalu belajar secara autodidak di Youtube. Dalang favoritnya Ki Seno Nugroho.," tutur bocah yang bersekolah di SD Gedongkuning itu. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait