facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bali Siap Sambut Turis Asing Mulai 14 Oktober, Bagaimana dengan DIY?

Galih Priatmojo | Rahmat jiwandono Jum'at, 08 Oktober 2021 | 18:53 WIB

Bali Siap Sambut Turis Asing Mulai 14 Oktober, Bagaimana dengan DIY?
Pengunjung memadati kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta, Kamis (11/3/2021). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

DIY sementara ini urung menerima turis internasional

SuaraJogja.id - Tiga wilayah di Indonesia akan mulai menerima turis internasional per 14 Oktober 2021. Ketiga wilayah itu adalah Bali, Batam, dan Bintan. 

"Tiga daerah itu akan diujicobakan untuk menerima wisatawan, khususnya yang dari mancanegara," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno, Jumat (8/10/2021). 

Dijelaskan Sandiaga, bahwa Bali memang sudah dipersiapkan lebih dari tujuh bulan yang lalu menyangkut hal itu. Pembukaan wisata di Bali, sambungnya, menggunakan pendekatan inkremental. Pendekatan inkremental ialah pendekatan yang dipakai untuk memberi alternatif solusi bagi suatu masalah.

"Kami lakukan dengan pendekatan inkremental," papar mantan politisi Partai Gerindra itu. 

Baca Juga: Candi Prambanan Jadi Peribadatan Hindu Se-dunia, Pemda DIY Minta Masyarakat Jaga Toleransi

Untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang juga jadi salah satu tujuan wisatawan mancanegara, katanya, DIY sudah memasuki evaluasi tahap akhir. Karena itu, seluruh pihak diminta untuk bersabar sambil menunggu hasil evaluasi pemerintah pusat. 

"Kami mengantisipasi varian baru dari virus corona. Karena DIY bukan hanya pulau, sehingga harus hati-hati agar tidak ingin merembes ke daerah penyangga sekitarnya. Kami  akan diskusi dengan Gubernur DIY juga," katanya. 

Jika DIY sudah dinilai bisa menerima ekspatriat, yang akan dilakukan adalah menggelar event berskala internasional. Ini dilakukan karena DIY sudah punya Bandara YIA. 

"Jadi kalau ada event internasional di sini akan dilakukan penyesuaian. Sehingga YIA ramai karena fasilitasnya sudah tersedia," katanya. 

Diakuinya bahwa dari sisi persyaratan untuk bisa menerima turis asing sudah memenuhi. Seperti cakupan vaksinasi Provinsi DIY yang sudah mencapai 80 persen lebih serta situasi pandemi yang mulai membaik. 

Baca Juga: Kunjungi Kotagede, Sandiaga Uno Janji akan Buka Sejumlah Tempat Wisata di DIY

"Namun wilayah DIY ini kan bentuknya bukan pulau yang bisa dilakukan lokalisir penanganan (virus corona). Ini yang harus betul dipersiapkan dalam beberapa minggu ke depan," imbuhnya. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait