alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

8 Makanan Khas Yogyakarta, dari Gudeg, Mangut Lele, Oseng Salak Pondoh, Semua Enak!

Pebriansyah Ariefana Senin, 11 Oktober 2021 | 08:25 WIB

8 Makanan Khas Yogyakarta, dari Gudeg, Mangut Lele, Oseng Salak Pondoh, Semua Enak!
Sate Klathak Pak Pong. (Suara.com/Dany Garjito)

Mulai Gudeg hingga Bakpia Pathok memiliki cita rasa makanan khas Yogyakarta yang tak ada di daerah lain. Makanan khas Yogyakarta tak sekadar didominasi rasa manis.

SuaraJogja.id - Makanan khas Yogyakarta, bukan hal baru untuk pencinta kuliner Indonesia. Namun ada juga yang belum banyak diketahui mereka. Selain kaya akan wisata alam dan budaya, Yogyakarta menjadi destinasi wisata favorit, karena memiliki sederet makanan khas.

Mulai Gudeg hingga Bakpia Pathok memiliki cita rasa makanan khas Yogyakarta yang tak ada di daerah lain. Makanan khas Yogyakarta tak sekadar didominasi rasa manis. Ada pula perpaduan rasa gurih dan asin yang menggugah lidah.

Mayoritas makanan sedap asal Yogyakarta diolah dengan cara tradisional yang menghadirkan cita rasa khas. Sederet rumah makan malah tak segan untuk menunjukkan suasana dapur kepada para pelanggannya.

Berikut ini sederet makanan khas Yogyakarta yang wajib dikunjungi ketika sedang berlibur atau mendapat tugas di daerah yang dipimpin seorang sultan ini.

Baca Juga: Garmin Indonesia Resmikan Brand Store Baru di 3 Kota

1. Gudeg

Wisata kuliner Jogja - Gudeg Kangen Bu Manto Gejayan (instagram @giiemiic)
Wisata kuliner Jogja - Gudeg Kangen Bu Manto Gejayan (instagram @giiemiic)

Gudeg menjadi makanan khas Yogyakarta yang paling dicari wisatawan. Olahan dari gori atau nangka muda ini memiliki rasa yang manis. Olahan gori yang berwarna coklat gelap kemudian disajikan bersama krecek, telur atau ayam bacem.

Di Yogyakarta, Gudeg Yu Djum menjadi rumah makan yang sudah melegenda. Selain itu, masih ada Gudeg Manggar Bu Tinur, Gudeg Pawon, Gudeg Mercon Bu Tinah, Gudeg Bu Tjitro "1925" hingga Gudeg Manggar Ibu Jumilan

Meski tersedia banyak rumah makan yang menjajakan gudeg, namun semuanya tak pernah sepi dari pembeli. Ketika akhir pekan atau waktu liburan, deretan rumah makan gudeg itu selalu disesaki para wisatawan luar kota.

2. Sate Klathak

Baca Juga: Duel Panas Derbi Mataram Persis Solo vs PSIM Yogyakarta, Gibran: Aku Nonton Ning Omah

Sate Klathak Pak Pong. (Suara.com/Dany Garjito)
Sate Klathak Pak Pong. (Suara.com/Dany Garjito)

Sate Klathak merupakan sate dari daging kambing muda yang diolah dengan taburan garam dan bumbu kecap. Keunikan dari Sate Klathak terletak pada tusuknya yang menggunakan jeruji besi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait