alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Enam Bulan Tak Ada Pekerjaan, Seniman Asal Bantul Rakit Robot dari Motor Bekas

Eleonora PEW | Rahmat jiwandono Selasa, 12 Oktober 2021 | 17:30 WIB

Enam Bulan Tak Ada Pekerjaan, Seniman Asal Bantul Rakit Robot dari Motor Bekas
Eri Sudarmono berdiri di dekat salah satu robot hasil karyanya. - (SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono)

"Saya selama enam bulan sejak ada virus corona tidak bisa berkarya. Rasanya aneh kalau saya tidak berkarya dalam waktu yang lama."

SuaraJogja.id - Azan zuhur hampir berkumandang di Pedukuhan Kauman RT 6, Kalurahan Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul. Sejumlah pekerja tampak sedang mempreteli bagian-bagian sepeda motor bekas di Er Studio Art.

Bagian seperti sok, karbu, tangki, hingga mesin sudah berkarat. Namun, siapa sangka? Barang-barang seperti itu di tangan Eri Sudarmono (42), bisa disulap menjadi benda berharga puluhan juta rupiah.

Eri adalah seorang pelukis sekaligus orang yang kerap mengerjakan dekorasi untuk berbagai event di mal dan hotel saat hari Lebaran atau Natal. Pekerjaannya mandek akibat pandemi Covid-19 karena tidak ada events seperti itu. Alhasil, dia sempat tidak ada kerjaan selama enam bulan.

Proses perakitan robot menyerupai Transformers di Er Studio Art, Kauman , Gilangharjo, Pandak, Bantul - (SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono)
Proses perakitan robot menyerupai Transformers di Er Studio Art, Kauman , Gilangharjo, Pandak, Bantul - (SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono)

"Saya selama enam bulan sejak ada virus corona tidak bisa berkarya. Rasanya aneh kalau saya tidak berkarya dalam waktu yang lama," tutur Eri kala berbincang dengan SuaraJogja.id di kediamannya, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: BEI Kaji Rencana Transaksi Saham Menggunakan Robot Trading

Eri mengungkapkan, setelah enam bulan berlalu, tepatnya pada awal tahun ini ia diminta untuk membuat sebuah robot. Permintaan itu datang dari salah seorang yang sudah sering membeli lukisannya.

"Jadi kenalan saya yang dari Tiongkok ini meminta saya untuk dibuatkan robot berbahan material besi rongsok. Bahkan dia sudah mengirim uang muka ke saya," ujarnya.

Karena sudah mendapat uang muka, maka ia memberanikan untuk merakit sebuah robot yang ada di film Transformer. Baginya ini adalah hal yang baru karena belum pernah membuatnya.

"Awalnya hanya coba-coba, pertama kali buat robot seperti di film Transformers butuh waktu satu bulan. Saya dan pegawai saya sempat lembur karena baru pertama kali," ujar pria yang pernah berkuliah di jurusan Seni Kriya Logam ISI Jogja pada 1999 itu .

Robot yang pertama kali diproduksinya itu, kata Eri, menghabiskan lima unit sepeda motor bekas. Diketahui robot itu tingginya 2,5 meter.

Baca Juga: Facebook Gunakan Robot untuk Pasang Kabel Serat Optik di Daratan

"Untuk bobotnya sendiri bisa mencapai 200-300 kilogram. Robotnya kemarin terjual Rp25 juta," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait