alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

9 Lagu Daerah Jogja, Yuk Hafalkan Sambil Bernyanyi

Pebriansyah Ariefana Sabtu, 23 Oktober 2021 | 12:33 WIB

9 Lagu Daerah Jogja, Yuk Hafalkan Sambil Bernyanyi
Tugu Pal Putih Kota Yogyakarta alias Tugu Jogja - (SUARA.com/Rosiana)

Jogja juga merupakan daerah yang sangat beragam budayanya. Selain itu, tempatnya yang indah dan strategis membuat Jogja dikunjungi wisatawan.

SuaraJogja.id - Daftar lagu daerah Jogja. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang gubernurnya dijabat oleh Sultan dan berbentuk kerajaan.

Jogja juga merupakan daerah yang sangat beragam budayanya. Selain itu, tempatnya yang indah dan strategis membuat Jogja dikunjungi wisatawan.

Peninggalan sejarah dan budaya di Jogja masih banyak yang dijaga, dilindungi serta dilestarikan. Salah satunya lagu daerah atau lagu tradisional asal Yogyakarta. Lagu itu masih dinyanyikan di setiap momen tertentu.

Berikut daftar lagu daerah di Jogja:

Baca Juga: Polresta Yogyakarta Ambil Alih Kasus Perusakan Bus Arema, Proses Hukum Jalan Terus

1. Suwe Ora Jamu

Lagu ini sangat populer bagi masyarakat Jogja dan sekitarnya. Lagu yang masuk kategori lagu dolanan ini biasanya dinyanyikan oleh anak-anak, tak terlepas orang dewasa. Diciptakan oleh R.C Hardjosubroto.

Ada dua makna di dalan lagu ini. Pertama, kegembiraan karena sabat lama yang sudah lama berpisah bisa bertemu kembali. Kedua, kekecewaan karena sebagian sahabat menjadi sombong karena kaya dan pintar.

2. Caping Gunung

Lagu ini diciptakan oleh Gesang. Lagu bernuansa sedih ini menceritakan tentang kerinduan orang tua kepada anaknya yang sedang merantau. Anak itu tidak ada kabar.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Hotel Bintang 5 di Jogja untuk Liburan Mewah, Keren dan Nyaman

Sang ibu berharap anaknya bisa segera pulang. Saking kangennya, ibu itu sering berangan-angan dan membuat nasi jagung untuk menyambut saat anaknya pulang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait