alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sejarah Sumpah Pemuda Lengkap dengan 10 Tokoh dan Isi Teks Original

Pebriansyah Ariefana Kamis, 28 Oktober 2021 | 10:52 WIB

Sejarah Sumpah Pemuda Lengkap dengan 10 Tokoh dan Isi Teks Original
Pengunjung mengamati patung di Museum Sumpah Pemuda, Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta, Rabu (28/10/2020). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Sejarah Sumpah Pemuda tercetus tanggal 28 Oktober tahun 1928.

SuaraJogja.id - Hari ini 28 Oktober 2021 memperingati Sumpah Pemuda. Sejarah Sumpah Pemuda tak lepas dari tokoh-tokoh di balik peristiwa penting sebelum kemerdekaan Indonesia itu.

Sejarah Sumpah Pemuda tercetus tanggal 28 Oktober tahun 1928. Sumpah Pemuda tercetus dalam Kongres Pemuda II di Batavia, di mana pelaksanaan Kongres Pemuda II merupakan lanjutan dari Kongres Pemuda I yang dilaksanakan pada 30 April-2 Mei 1926.

Kongres pertama yang dihadiri oleh perwakilan organisasi pemuda di setiap daerah bertujuan untuk mengedepankan paham persatuan dan kebangsaan serta mempererat hubungan antar perkumpulan kebangsaan.

Namun, hasil dari kongres tersebut dinilai belum mencapai tujuan.

Baca Juga: Selamat Hari Sumpah Pemuda! Hayaidesu Indonesia Sajikan Handgrip Tematis Tanah Air

Setelahnya, berdiri Permufakatan Perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI) pada tanggal 17 Desember 1927. Organisasi tersebut mengupayakan penyamaan arah aksi kebangsaan. Atas inisiatif PPPKI dan didukung oleh organisasi pemuda lainnya, maka dibentuklah panitia Kongres Pemuda II pada 27-28 Oktober 1928.

Biola asli WR Supratman di Museum Sumpah Pemuda. (http://museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id/)
Biola asli WR Supratman di Museum Sumpah Pemuda. (http://museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id/)

Kongres Pemuda II hari pertama dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongelingen Bond di Lapangan Banteng, Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari berbagai organisasi pemuda seperti Jong Java, Jong Celebes, Jong Islamieten Bond, Jong Bataks, Pemuda Betawi, dan masih banyak lagi.

Kemudian hari kedua pada 28 Oktober 1928, lokasi kongres dihelat di Gedung Oost Java Bioscoop (sekarang Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat).

Adapun pembacaan Sumpah Pemuda pada hari yang sama, dan dilakukan di Gedung Indonesia Clubhuis (Jalan Kramat Jaya 106 Jakarta, sekarang Gedung Sumpah Pemuda).

Tujuan Kongres Pemuda II antara lain adalah untuk melahirkan cita-cita perkumpulan pemuda dan pemudi Indonesia. Selain itu juga bertujuan untuk membicarakan masalah pergerakan pemuda di Indonesia, serta memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.

Baca Juga: IHSG Anjlok ke Level 6.578 di Hari Sumpah Pemuda

Isi Sumpah Pemuda

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait