alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Nggak Cuma Biji-bijian, Ini 5 Makanan Hamster yang Aman

Dinar Surya Oktarini Jum'at, 12 November 2021 | 19:00 WIB

Nggak Cuma Biji-bijian, Ini 5 Makanan Hamster yang Aman
Hamster [shutterstock]

Makanan hamster ini bisa kamu coba untuk hewan peliharaanmu.

SuaraJogja.id - Banyak orang yang tertarik memelihara hasmter karena menggemaskan, namun jangan sampai salah ada beberapa makanan hamster yang cukup beragam. 

Sebelum itu kalian harus paham betul makanan yang aman untuk hamster. Jangan asal kasih makan, sebab kesehatan hamster sedikit rawan. Apa saja makanan yang baik untuk binatang imut satu ini?, Yuk simak makanan yang aman untuk hamster!

Ilustrasi beras merah. (Pexels/Polina Tankilevitch)
Ilustrasi beras merah. (Pexels/Polina Tankilevitch)

1. Beras merah
Makanan ini jadi sumber karbohidrat yang sesuai untuk hamster. Selain takaran gizi yang sesuai, beras merah ini penting untuk perkembangan otak hamster.

2. Padi/Gabah
Gabah jadi makan alternatif pokok hamster. Kebutuhan makan hamster tetap terpenuhi dengan konsumsi gabah. Selain itu kulit gabah yang mengandung vitamin E baik untuk perkembangannya.

Baca Juga: 5 Tips Mengobati Kucing Diare, Lakukan Diet hingga Beri Tambahan Probiotik

3. Jagung
Makanan selanjutnya jagung, bisa dijadikan makanan pokok maupun cemilan hamster. Karbohidrat yang mencapai 80 persen sudah cukup memenuhi kebutuhan makan binatang pengerat lucu ini

4. Biji-bijian
Kalian bisa mencampurkan biji-bijian dengan sayuran kering. Jenis makanan hamster ini banyak ditemui pet shop. Pastikan pemberian pelet harus sesuai aturan. Jangan sampai hamster hanya memakan makanan pokoknya saja.

5. Camilan hamster
Pemberian camilan untuk hamster dibatasi hanya 10 persen saja. Sebab hamster ini mudah sekali mengalami diare. Tetap berikan makanan berupa buah segar, biji-bijian, dan sayur segar.

Hindari pemberian berupa yougurt, madu, dan stick biji yang manis sebab karakteristik hamster yang kecil dan rawan mengalami diabetes. Kalian bisa memberikan apel tanpa biji, wortel, pisang, labu, biji bunga matahari, dan lain-lain.

Berikutnya tentang makanan yang tidak boleh untuk hamster. Tidak maukan hamster lucu kalian sakit karena salah makan. Simak infomasi di bawah ini.

Baca Juga: Makanan Kelinci yang Alami, Bergizi dan Kaya Nutrisi

Jangan berikan hamster berupa biji apel, kacang tanah, kacang almond, coklat, makanan asin, manis, dan cepat saji, jeruk, daun rhubarb, dan bawang-bawangan. Sebab kesehatan hamster akan terganggu. Bila hamster tidak mau makan pelet beri campuran biji-bijian di dalamnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait