facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Konsumsi yang Teratur, Daftar 5 Makanan untuk Ibu Hamil Sehat dan Bergizi

Pebriansyah Ariefana Rabu, 17 November 2021 | 15:15 WIB

Konsumsi yang Teratur, Daftar 5 Makanan untuk Ibu Hamil Sehat dan Bergizi
Ilustrasi ibu hamil (Freepik)

Asupan makanan sehat untuk ibu hamil yang kaya akan nutrisi nutrisi vitamin adalah sebuah kewajiban.

SuaraJogja.id - Ibu hamil membutuhkan asupan makanan yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuhnya dan juga di jabang bayi. Makanan untuk ibu hamil tidak sembarangan, harus memenuhi kreteria tertentu, selain itu aman tentunya.

Asupan makanan sehat untuk ibu hamil yang kaya akan nutrisi nutrisi vitamin adalah sebuah kewajiban. Makan makanan bergizi saat hamil sangat penting.

Berikut daftar makanan untuk ibu hamil yang sehat:

1. Alpukat

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Ibu Hamil yang Bergizi dan Sehat, Baik Buat Jabang Bayi!

Ilustrasi Alpukat. (pexels.com)
Ilustrasi Alpukat. (pexels.com)

Alpukat mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini membuat teksturnya terasa mentega yang sempurna untuk menambahkan kelembutan pada hidangan.

Tinggi serat, vitamin B (terutama folat), vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E, dan vitamin C, lemak sehat, folat, dan kalium yang tinggi dibanding pisang. Tak heran alpukat menjadi pilihan tepat selama kehamilan untuk perkembangan bayi dalam kandungan.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi yang lebih banyak dibutuhkan saat kehamilan. Mulai dari serat, protein, zat besi, folat, tinggi serat, kalsium nabati, magnesium, dan potasium yang bagus.

Folat adalah salah satu vitamin B (B9) yang paling penting bagi ibu hamil dan bayi, selama trimester pertama. Kebutuhan kacang-kacangan setidaknya 600 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari dan bisa ditambahkan suplemen berdasarkan rekomendasi dokter.

Baca Juga: Viral Cewek Pamer Foto Makanan Ngaku Suka Masakin Anak Kos, Warganet: Loh Itu Jualan Gue!

Kacang-kacangan termasuk lentil, kacang polong, buncis, kacang kedelai, dan kacang tanah. Kamu bisa menemukan kacang-kacangan juga terdapat pada makanan seperti hummus pada roti gandum utuh, kacang hitam dalam salad taco, atau kari miju-miju.

3. Telur

Ilustrasi Telur (unsplash/Louis Hansel).
Ilustrasi Telur (unsplash/Louis Hansel).

Telur menjadi pilihan makanan sehat untuk ibu hamil karena mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan. Telur ukuran besar mengandung sekitar 80 kalori, protein berkualitas tinggi, lemak, dan banyak vitamin dan mineral.

Telur adalah sumber kolin untuk perkembangan otak bayi dan membantu mencegah kelainan perkembangan otak dan tulang belakang.

4. Brokoli dan sayuran hijau gelap

ilustrasi brokoli (pixabay).
ilustrasi brokoli (pixabay).

Brokoli dan sayuran berwarna hijau gelap, seperti kangkung dan bayam, mengandung banyak nutrisi mulai dari serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium.

Tambahkan porsi sayuran hijau yang mengemas vitamin dan mengatasi sembelit karena tingginya serat. Sayuran dihubungkan juga dengan penurunan risiko berat badan lahir rendah

5. Daging dan protein tanpa lemak

Ilustrasi daging sapi
Ilustrasi daging sapi

Daging sapi tanpa lemak menjadi sumber protein berkualitas tinggi. Daging sapi kaya akan zat besi, kolin, dan vitamin B lainnya yang dibutuhkan dalam selama kehamilan.

Zat besi adalah mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah sebagai bagian dari hemoglobin. Ibu hamil memerlukan lebih banyak zat besi karena volume darah meningkat. Hal ini sangat penting selama trimester ketiga kehamilan.

Rendahnya zat besi selama awal dan pertengahan kehamilan dapat menyebabkan anemia yang meningkatkan risiko berat badan lahir rendah. Sehingga makan daging merah tanpa lemak secara teratur dapat membantu meningkatkan jumlah zat besi yang Anda dapatkan dari makanan.

Demikian daftar makanan sehat untuk ibu hamil dan bayi yang bisa menjadi pedoman tepat selama kehamilan yang sehat dan bergizi baik.

Kontributor : Rio Rizalino

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait