alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sifat Nabi Muhammad SAW, Contoh Nyata Dalam Kehidupan Pribadi

Pebriansyah Ariefana Senin, 29 November 2021 | 14:37 WIB

Sifat Nabi Muhammad SAW, Contoh Nyata Dalam Kehidupan Pribadi
Ilustrasi kaligrafi nama Nabi Muhammad berbentuk hati. (Shutterstock)

Sifat Nabi Muhammad itu bisa dicontoh oleh umat Islam dalam kehidup sehari-hari.

SuaraJogja.id - Nabi Muhammad SAW mempunyai 4 sifat utama. Sifat Nabi Muhammad itu adalah Shidiq, Amanah, Fathonah dan Tabligh. Sifat Nabi Muhammad itu bisa dicontoh oleh umat Islam dalam kehidup sehari-hari.

Karakter Shidiq mencakup karakter jujur dan karakter disiplin. Karakter Amanah mencakup karakter kerja keras dan karakter bertanggung jawab.

Sementara itu karakter Fathonah mencakup karakter rasa ingin tahu, karakter gemar membaca, dan karakter kreatif. Karakter Tabligh mencakup karakter peduli lingkungan, karakter peduli sosial, dan karakter komunikatif.

Ilustrasi Nabi Muhammad (pixbay)
Ilustrasi Nabi Muhammad (pixbay)

Dalam tulisan Zaen Musyirifin dari UIN Sunan Kalijaga, penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa karakter 4 sifat Nabi Muhammad Saw dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa karakter positif seseorang dapat dengan mudah melakukan tindakan yang menyakiti dan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: Surah Al Kafirun dan Artinya, Rasakan Manfaat Menjadi Toleran Seperti Contoh Nabi Muhammad

Sifat-Sifat Nabi Muhammad sangat menarik untuk dikaji. Terutama dikaitkan dengan dunia Bisnis. Karena Nabi Muhammad Saw pada usia muda pernah berdagang. Salah satu sifat Nabi Muhammad yang dikaji oleh para pelaku bisnis yaitu sifat Shiddiq.

Ilustrasi Nabi Muhammad (pixbay)
Ilustrasi Nabi Muhammad (pixbay)

Sifat Shiddiq tersebut dijadikan sebagai bagian dari etika bisnis. Sifat shiddiq masih sangat relevan dengan etika bisnis moderen.

Sifat shiddiq (integritas, kejujuran) berarti melandaskan ucapan keyakinan serta perbuatan berdasarkan ajaran Islam. Dengan demikian sifat shiddiq (integritas, kejujuran) merupakan etika bisnis yang universal dan tidak mengenal nilai dasar yang melatarbelakangi etika tersebut.

Demikian sifat Nabi Muhammad. Semoga para muslim bisa mencontoh Nabi Muhammad.

Kontributor : Rio Rizalino

Baca Juga: Mengenal 4 Sifat Mustahil Bagi Rasul, Salah Satunya Berkhianat

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait