alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Pankreas, Untuk Mengatur Pencernaan dan Menjaga Stabilitas Gula Darah

Dinar Surya Oktarini Selasa, 30 November 2021 | 16:27 WIB

Fungsi Pankreas, Untuk Mengatur Pencernaan dan Menjaga Stabilitas Gula Darah
Ilustrasi organ tubuh manusia/ fungsi pankreas (Envato)

Fungsi pankreas sangat penting untuk dalam pencernaan dan metabolisme.

SuaraJogja.id - Pankreas merupakan organ aksesori pada sistem pencernaan yang memiliki beberapa fungsi. Fungsi pankreas sangat penting untuk dalam pencernaan dan metabolisme.

Pankreas merupakan organ kelenjar yang memanjang pada dinding posterior abdomen, letaknya tepat di belakang lambung. Pankreas ini dikelilingi hati, limpa, kantung empedu dan usus kecil.

Letak pankreas, separuh berada di antara limpa dan lambung, separuh lainnya atau kepala berada di bagian utama usus kecil, yakni usus dua belas jari. Dalam literatur lain disebutkan, letak pankreas berada di belakang rongga perut yang memiliki panjang 12-18 centimeter.

Ilustrasi usus, organ dalam tubuh (Pixabay/Elionas2)
Ilustrasi usus, organ dalam tubuh/ fungsi pankreas (Pixabay/Elionas2)

Penkreas salah satu organ dalam sistem pencernaan yang memiliki fungsi utama sebagai organ yang memproduksi enzim untuk menghancurkan makanan. Di sisi lain juga disebutkan jika fungsi utama pankreas dibagi menjadi dua yakni menghasilkan enzim pencernaan atau fungsi eksokrin dan menghasilkan beberapa hormon atau fungsi endokrin.

Baca Juga: Fungsi Lisosom, Berkaitan dengan Pencernaan

1. Fungsi Eksokrin

Di dalam tubuh manusia terdapat kelenjar eksokrin, yakni kelenjar yang menghasilkan satu produk yang dialirkan melalui saluran ke jaringan tubuh lain.

Dalam proses ini, pankreas berfungsi memproduksi enzim yang diberikan ke saluran pencernaan. Adapun fungsi setiap enzim yang dihasilkan berbeda-beda.

Enzim yang dihasilkan berupa:

- enzim amilase yang berfungsi mengurai karbohidrat menjadi gula darah atau glukosa
- enzim lipase untuk mengurai lemak
- enzim tripsin dan kemotripsin untuk mengurai protein atau mencerna protein menjadi asam amino

Baca Juga: 3 Opsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat untuk Asupan Harian, Nggak Melulu Harus Nasi

2. Fungsi Endokrin

Dalam kelenjar endokrin, pankreas berfungsi memproduksi hormon insulin dan hormon glukagon. Hormon insulin berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah. 

Prosesnya mengikat glukosa dalam darah kemudian disalurkan ke seluruh tubuh. Dan pada akhirnya diubah menjadi energi.

Sementara itu, hormon glukagon berfungsi menaikkan kadar gula dalam darah. Caranya dengan mengubah glikogen dalam hati menjadi glukosa. 

Adapun yang berperan dalam penyerapan glukosa menjadi glikogen dalam hati yakni insulin. Sehingga kedua hormon itu bekerjasama menjaga kestabilan atau kenormalan gula darah.

Jadi selain membantu proses pencernaan melalui enzim, pankreas juga berfungsi membantu mengkontrol kadae gula dalam darah melalui hormon yang dihasilkan.

Sementara itu ada beberapa masalah yang bisa menggangu fungsi pankreas, yakni:

1. Diabetes

Penyakit ini berkaitan dengan permasalahan hormon insulin. Hal itu disebabkan karena pankreas tidak bisa memproduksi insulin yang cukup, tubuh tidak dapat menggunakan insulin seperti seharusnya atau bahkan karena gabungan dari keduanya.

Kekurangan dan resistensi kepada insulin, bisa membuat tinggi kadar gula darah. Sehingga memicu masalah kesehatan.

2. Pankreatitis

Pankreatiris merupakan peradangan pada pankreas. Hal ini disebabkan karena enzim yang bekerja lebih awal sebelum dibuang ke usus halus.

Pankreatitis akut terjadi karena batu empedu menyumbat saluran utama pankreas. Kondisi ini hanya terjadi beberapa hari dan tiba-tiba. Jika sudah berulang kali akan menimbulkan pankreatitis kronis dan berdampak pada kerusakan permanen.

3. Kanker Pankreas

Penyakit ini terjadi karena tumbuh sel kanker pada pankreas. Biasanya sel itu tumbuh di saluran pankreas. Ada pula yang tumbuh di eksorin atau endokrin pankreas. Penyakit ini sulit dideteksi karena gejalanya sedikit.

Demikian penjelasan mengenai fungsi pankreas. Semoga bisa menambah pengetahuan serta bisa menjadikan contoh untuk menjaga pola hidup sehat.

Kontributor : Muhammad Aris Munandar

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait