alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pembangunan Pedestrian Jensud Capai 80 Persen, DPUPKP Sebut Januari 2022 Dioperasikan

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Jum'at, 03 Desember 2021 | 19:52 WIB

Pembangunan Pedestrian Jensud Capai 80 Persen, DPUPKP Sebut Januari 2022 Dioperasikan
Pekerja menyelesaikan pembangunan pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman, Gondokusuman, Kota Jogja, Jumat (15/10/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

sisi selatan dan utara pedestrian Jalan Jensud sudah dicor.

SuaraJogja.id - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta, Hari Setyawacana mengatakan bahwa pembangunan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman (Jensud), Kota Jogja sudah mencapai 80 persen. Pihaknya segera menyelesaikan, sehingga Januari 2022 dioperasikan. 

Hari menjelaskan bahwa penyelesaian pembangunan tersebut ditargetkan pada akhir tahun 2021.

"Sekarang sudah 80 persen ya, hanya sedikit lagi untuk pembangunan trotoarnya dan juga penataan tanamannya," kata Hari dihubungi Jumat (3/12/2021).

Ia mengatakan, di sisi selatan dan utara pedestrian Jalan Jensud sudah dicor. Selain itu pihaknya juga menyiapkan akses jalan bagi disabilitas.

Baca Juga: Porta by The Ambarrukmo: Pilihan Nyaman Menginap di Yogyakarta

"Itu tahap akhir, konsepnya seperti pedestrian yang ada di sisi barat Jalan Jensud yang sudah jadi," ujar Hari.

Ia mengaku tak terlalu khawatir dengan kondisi cuaca di DIY yang masih diprediksi akan hujan lebat. Target penyelesaiannya sudah final pada Desember akhir 2021.

"Saya yakin akhir tahun sudah selesai. Meski cuaca masih kerap hujan, saya kira tidak akan mengganggu penyelesaiannya," kata dia.

Hari menerangkan fasilitas pelengkap seperti tempat sampah dan juga penerangan, dipasang di akhir pembangunan. Ornamen dan tulisan Kota Jogja disiapkan untuk memperkuat estetika Kota Pelajar. 

"Artinya ini kan untuk pengembangan infrastruktur kota ya. Sesuai arahan pak Wali Kota, fungsi pedestrian ini juga sebagai ruang publik. Dimana masyarakat, baik warga Jogja dan wisatawan dapat memanfaatkannya," ujar dia.

Baca Juga: Gibran Kirim WA ke Wali Kota Yogyakarta Usai PSIM Lolos 8 Besar, Ini Lho Isinya

Hari mengatakan tak hanya pedestrian Jalan Jensud saja yang dikebut untuk penyelesaiannya. Jalan Perwakilan di dekat Kantor DPRD DIY juga masih dalam tahap penyelesaian.

Hari mengatakan untuk Jalan Perwakilan, selain pedestrian, akses jalan juga dibongkar untuk meningkatkan kualitas jalan.

"Saat ini masih berproses yang di Jalan Perwakilan. Tapi target kami akhir 2021 juga sudah selesai," kata Hari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait