facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bantul Kirim Relawan dan Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Galih Priatmojo | Rahmat jiwandono Senin, 06 Desember 2021 | 16:46 WIB

Bantul Kirim Relawan dan Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru
Pemkab Bantul mengirimkan bantuan untuk warga Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Lumajang, Senin (6/12/2021). (SuaraJogja.id/HO-Humas Pemkab Bantul)

Bantul melepas delegasi relawan yang akan menyalurkan bantuan.

SuaraJogja.id - Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur meletus pada 4 Desember 2021 sekira pukul 15.00 WIB. Letusan itu mengeluarkan awan panas guguran serta abu vulkanik.

Dampak dari erupsi tersebut ialah sejumlah rumah di Kecamatan Pronojiwo, Candipuro, dan Pasisiran rusak. Untuk korban jiwa sendiri hingga kini tercatat ada 15 orang.

Sebagai bentuk rasa peduli dan kemanusiaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul melepas delegasi relawan yang akan menyalurkan bantuan. Pelepasan dihadiri Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Komandan Kodim 0729 Letkol Infantri Agus Indra Gunawan.

Halim mengatakan, tim yang terdiri dari Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), PMI, BPBD Bantul dan relawan yang akan melakukan asesmen diminta untuk menjalankan tugas kemanusiaan dengan sebaik mungkin. Agar bisa meringankan beban masyarakat Lumajang yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga: Putus Penularan COVID-19 dan Keuntungan Lainnya, Bantul Terus kembangkan e-Ticketing

"Erupsi Gunung Semeru yang sampai pagi tadi saya dengar di berita sudah menimbulkan korban 15 orang meninggal dan lainnya belum ditemukan. Atas eskalasi yang kuat ini kami mengambil inisiatif memberangkatkan delegasi relawan yang nantinya akan melakukan asesmen," ujar dia saat pelepasan relawan di Pos Darurat BPBD Bantul, Senin (6/12/2021).

Asesmen ini, lanjutnya, bertujuan untuk melihat kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh masyarakat Lumajang yang kemudian akan ditindak lanjuti oleh jajarannya dalam mengirimkan bantuan selanjutnya.

"Nanti setelah dilakukan asesmen bisa tahu bantuan apa yang diperlukan oleh mereka," katanya.

Halim pun berpesan kepada relawan supaya tidak merepotkan pemerintah dan masyarakat Lumajang.

"Saya meminta para relawan untuk tidak merepotkan pemerintah dan masyarakat Lumajang meski mereka dengan senang hati bisa memberikan sesuatu. Kami punya pengalaman relawan dari berbagai daerah yang membantu kami dengan ikhlas, karenanya kami harus konsisten membantu dengan tulus ikhlas tanpa mengharapkan apapun," imbuhnya.

Baca Juga: Masyarakat Belum Terbiasa, Bantul Siapkan Strategi Terapkan Tiket Elektronik Wisata Pantai

Tak lupa dia mendoakan semoga para relawan yang menjalankan tugas mulai ini diberi kemudahan dan perlindungan.

"Semoga Allah SWT senantiasa memberi kemudahan dan perlindungan kepada relawan yang menjalankan tugas ini," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait