alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fungsi Kelopak Bunga, Si Cantik yang Melindungi Bagian Kuncup

Risna Halidi Kamis, 09 Desember 2021 | 17:10 WIB

Fungsi Kelopak Bunga, Si Cantik yang Melindungi Bagian Kuncup
Ilustrasi kelopak Bunga. (pexels.com)

Secara umum, bagian-bagian bunga terdiri dari kelopak bunga, mahkota bunga, dasar bunga, benang sari, dan putik sari.

SuaraJogja.id - Fungsi kelopak bunga sangat beragam. Secara umum, bagian-bagian bunga terdiri dari kelopak bunga, mahkota bunga, dasar bunga, benang sari, dan putik sari. Berikut fungsi komponen setiap bunga:

1. Kelopak Bunga
Kebanyakan orang masih keliru tentang kelopak dan mahkota bunga. Kedua bagian ini tidak sama dan memiliki fungsi yang berbeda. Kelopak bunga terletak di bagian paling luar bunga.

Fungsinya adalah untuk melindungi mahkota ketika masih dalam keadaan kuncup. Secara morfologi, bagian ini merupakan modifikasi langsung dari daun.

Selain itu kelopak bunga melindungi kuncup ketika bunga sedang berkembang. Jika tidak ada kelopak bunga, besar kemungkinan kalau bunga tidak berkembang secara maksimal.

2. Kepala Putik
Bagian ini merupakan alat reproduksi bunga betina yang dikenal sebagai gynoecium. Putik berada di tengah-tengah bunga dan mengandung sel telur untuk masa reproduksi.

Baca Juga: 8 Tanaman Pengusir Ular yang Ampuh dan Bisa Mempercantik Rumah

Putik terbagi menjadi tiga bagian, yakni:

  • Stigma (kepala putik): bagian pucuk yang berada di ujung putik.
  • Stilus (tangkai putik): bagian putik yang membantu proses penyerbukan dan reproduksi bunga.
  • Ovarium (bakal buah): bagian putik yang menyimpan sel telur. Letaknya ada di dasar bunga.

3. Mahkota Bunga
Mahkota bunga dikenal sebagai corolla. Ini merupakan salah satu dari bagian-bagian bunga yang mencolok karena berada di area luar. Ukurannya jauh lebih besar dibandingkan komponen bunga lainnya.

Ukurannya yang besar dan mengelilingi komponen tengah bunga akan melindungi organ reproduksi ketika sedang bekerja.

4. Benang Sari
Fungsi benang sari adalah sebagai alat kelamin bunga jantan dalam proses reproduksi. Bagian ini disebut dengan androecium.

Benang sari terdiri dari tiga bagian, yakni:

Baca Juga: KM Bunga Lestari 09 Karam, Muat 30 Ton Batu Bara, 3 ABK Masih Hilang

  • Anter (kepala sari): bagian benang sari yang berada di ujung tangkai. Fungsi kepala sari adalah untuk menyimpan serbuk sari.
  • Polen (serbuk sari): bagian benang sari di mana alat kelamin bunga berada. Berbeda dengan fungsi kepala sari, serbuk sari bertugas saat proses penyerbukan.
  • Filament (tangkai sari): bagian ini memposisikan kepala sari di atas pucuk. Fungsi benang sari filament adalah untuk membantu proses reproduksi.

Bunga bisa dikatakan sebagai tumbuhan yang membutuhkan binatang-binatang, angin, dan manusia untuk melakukan penyerbukan. Bunga yang tidak mengalami penyerbukan, maka tidak akan bisa berkembang biak.

Demikian informasi terkait fungsi kelopak bunga dan bagian-bagian bunga beserta fungsinya yang lain. Apakah kamu jadi tertarik untuk menanam dan merawat bunga sebagai tanaman hias?

Kontributor : Titi Sabanada

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait