alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Penting Bagi Proses Reproduksi, Ini Ragam Fungsi Mahkota Bunga

Risna Halidi Kamis, 09 Desember 2021 | 18:25 WIB

Penting Bagi Proses Reproduksi, Ini Ragam Fungsi Mahkota Bunga
Ilustrasi mahkota bunga. (Pixabay)

Berikut ini penjelasan yang lebih lengkap mengenai fungsi mahkota bunga dari tanaman atau tumbuhan:

SuaraJogja.id - Fungsi mahkota bunga. Mahkota bunga adalah bagian yang paling cantik dari tanaman ini. Fungsinya, yakni untuk memikat serangga yang ada di dekatnya dan dapat membantu terjadinya penyerbukan.

Berikut ini penjelasan yang lebih lengkap mengenai fungsi mahkota bunga dari tanaman atau tumbuhan:

1. Mahkota bunga membantu proses reproduksi pada tanaman atau tumbuhan itu sendiri
Adanya mahkota bunga dapat membantu proses penyerbukan yang nantinya mampu meningkatkan keberhasilan proses reproduksi tanaman atau tumbuhan.

Proses penyerbukan pada tanaman nantinya akan dibantu oleh angin, kupu-kupu, atau serangga lainnya untuk menghisap serbuk sari.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kale Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Risiko Kanker

Untuk tanaman atau tumbuhan yang proses penyerbukan dibantu oleh angin biasanya mempunyai kelopak bunga yang kecil pada mahkota bunga.

Pada bunga ini tidak memungkinkan terjadinya pemblokiran angin saat bertiup dan bergerak di bagian atas anter. Dengan ini, serbuk sari akan beterbangan dan menyebar ke bunga lainnya.

2. Tekstur dan warna kelopak pada mahkota bunga juga mempunyai fungsi tersendiri
Tekstur dan warna kelopak dapat menarik perhatian kupu-kupu dan serangga lainnya dalam proses terjadinya penyerbukan.

Bunga yang memiliki kelopak warna merah dapat menarik perhatian burung untuk hinggap dan membantu penyerbukan.

Sedangkan, kelopak bunga warna biru dan kuning dapat menarik perhatian serangga karena serangga tidak dapat melihat warna merah. Ada juga bunga yang kelopaknya memiliki warna pucat.

Baca Juga: Tumbuhan Mirip Bunga Bangkai Mekar di Tumpukan Sampah di Jakbar

Bunga yang memiliki kelopak warna pucat pada dasarnya warna akan terlihat lebih jelas pada malam hari. Oleh karena itu, proses penyerbukannya biasanya dibantu oleh ngengat dan kelelawar.

3. Mengetahui tingkat keberhasilan dari proses reproduksi
Jika kelopak bunga pada mahkotanya memiliki tekstur yang kasar, kemungkinan besar proses penyerbukan atau reproduksi akan berhasil karena serbuk sari pada bunga akan mudah menempel.

Begitu sebaliknya, jika tekstur kelopak pada mahkota bunga halus, maka kemungkinan tingkat keberhasilan pada proses reproduksi atau penyerbukan semakin kecil karena serbuk sari sulit untuk menempel dengan baik.

Sebagian orang berpikir bunga hanya sekadar perhiasan tanaman atau tumbuhan. Padahal, bunga memiliki fungsi yang sangat penting dalam kelangsungan tanaman maupun tumbuhan.

Setidaknya terdapat empat fungsi bunga yang Anda ketahui, antara lain:

  1. Fungsi yang paling vital dan paling utama dari bunga adalah untuk alat perkembangbiakan generatif. Tanpa adanya bunga, tumbuhan atau tanaman tidak dapat berkembangbiak dan punah
  2. Fungsi berikutnya dari bunga adalah untuk memikat serangga, lebah, atau burung agar mau untuk hinggap dan melakukan penyerbukan. Cara bunga memikat serangga, lebah, atau burung dengan cara menyebar aroma yang kuat, menghasilkan nektar manis, dan warna-warna cerah. Lalu, mereka akan memindahkan serbuk sari dari bunga ke bunga lainnya. Setelah penyerbukan yang dilakukan oleh serangga, lebah, atau burung, maka bunga akan berkembang menjadi benih
  3. Fungsi bunga sebagai tempat atau wadah menyatunya gamet betina dengan gamet jantan
  4. Fungsi bunga yang terakhir adalah untuk menghasilkan biji

Demikianlah pembahasan terkait fungsi mahkota bunga dan fungsi bunga. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Titi Sabanada

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait