facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Titik Nol Kilometer Padat saat Akhir Pekan, Pemkot Jogja Bakal Tutup Menjelang Tahun Baru

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora Senin, 27 Desember 2021 | 15:56 WIB

Titik Nol Kilometer Padat saat Akhir Pekan, Pemkot Jogja Bakal Tutup Menjelang Tahun Baru
Sejumlah wisatawan memadati kawasan titik Nol Kilometer, Malioboro Kota Jogja, Minggu (24/10/2021). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Kawasan Titik Nol Kilometer dipadati pengunjung

SuaraJogja.id - Kawasan Titik Nol Kilometer Malioboro, Kota Jogja dipenuhi wisatawan pada Minggu (26/12/2021) malam. Pemkot Yogyakarta segera menutup kawasan tersebut dengan pagar menjelang pergantian Tahun Baru 2022 Jumat (31/12/2021).

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi tak menampik, bahwa akhir pekan kemarin wisatawan sudah memenuhi kawasan Nol Kilometer. Pihaknya segera menyiapkan petugas untuk memagari kawasan tersebut.

"Ya melihat kondisi yang ramai segera kami tutup, menjelang pergantian (tahun baru) nanti segera kami pasangi pagar," ujar Heroe kepada wartawan, Senin (27/12/2021).

Ia kembali mengingatkan kepada warga dan wisatawan untuk tetap menaati protokol kesehatan (prokes), dengan memakai masker ketika berada di Malioboro. Selain itu potensi penularan bisa terjadi jika warga masih mengabaikan.

Baca Juga: Rayakan Akhir Tahun, ARTOTEL YOGYAKARTA Beri Banyak Promo Lewat ARTOTELS HOLIDAY MIXTAPE

"Kami harap tetap waspada dan menaati prokes, memang kondisi penyebaran (covid-19) di Kota Jogja signifikan turun. Tapi bukan berarti tidak memakai masker dan mengabaikan arahan dari petugas," ujar dia.

Pemagaran titik Nol Kilometer, lanjut Heroe merupakan salah satu upaya agar penyebaran Covid-19 tidak terjadi. Mengingat kawasan tersebut kerap digunakan warga berkumpul dan duduk-duduk.

"Memang kita batasi dengan segala cara, tapi titik kerumunan itu kan tetap ada. Titik kerumunan ini kita tahu semua di titik Nol dan apalagi nanti malam tahun baru, maka perlu kami tutup," jelasnya.

Tidak hanya Nol Kilometer, kawasan Alun-alun Kidul juga akan diawasi oleh petugas. Heroe mengatakan tidak diperkenankan masyarakat berkumpul di sekitar alun-alun saat malam tahun baru.

"Termasuk di alun-alun juga, itu kami tutup agar tidak mengundang kerumunan," ujar Heroe.

Baca Juga: Libur Nataru Tetap Dibuka, Pengelola Taman Pintar Yogyakarta Terapkan Pembatasan

Pemkot Yogyakarta juga bekerjasama dengan Polresta Yogyakarta untuk pengamanan selama libur Natal dan menjelang Tahun Baru 2022. Posko Gumaton sudah kembali dioperasikan yang bertujuan memberi kenyamanan dan pengawasan bagi wisatawan yang berlibur ke Malioboro.

"Dari Tugu Pal Putih sampai kawasan Keraton nanti diterjunkan petugas. Semuanya untuk mengingatkan agar tidak terjadi penyebaran atau kasus Covid-19 di Malioboro itu," kata Heroe.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait