facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Belum Meningkat Signifikan, Kunjungan Wisatawan di Candi Prambanan Masih di Bawah 10 Ribu

Eleonora PEW | Hiskia Andika Weadcaksana Senin, 03 Januari 2022 | 19:25 WIB

Belum Meningkat Signifikan, Kunjungan Wisatawan di Candi Prambanan Masih di Bawah 10 Ribu
Suasana sepi di Candi Prambanan pada Jumat (20/3/2020), usai PT TWC memberlakukan penutupan sementara karena wabah corona. - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Sejauh ini kunjungan paling banyak terjadi pada momen tahun baru kemarin.

SuaraJogja.id - General Manager PT Taman Wisata Candi Jamaludin Mawardi mengungkap bahwa terdapat kenaikan kunjungan wisata di Candi Prambanan dalam momen libur natal dan tahun baru (nataru) kemarin. Walaupun begitu kenaikan itu masih belum menembus angka 10 ribu kunjungan per hari.

"Kalau peningkatan ada, cuma ya tidak sampai signifikan sekali," kata Jamal saat dihubungi awak media, Senin (3/1/2022).

Lebih jauh Jamal menuturkan bahwa peningkatan itu memang belum terhitung cukup signifikan jika dihitung selama masa pandemi Covid-19. Sejauh ini kunjungan paling banyak terjadi pada momen tahun baru kemarin.

Saat itu kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan berada di angka 8 ribuan. Angka kunjungan tersebut terbilang sudah paling tinggi dibandingkan dengan data-data kunjungan beberapa waktu sebelumnya.

Baca Juga: Viral Pasangan Bule Panjat Pagar demi Masuk Candi Prambanan, Akhirnya Disuruh Beli Tiket

"Jumlah tertinggi itu masih di bawah 10 ribu. Baru 8 ribuan pas ramenya saja. Kalau hariannya paling ada yang 4-5 ribu, tertinggi baru 8 ribuan terjadi tanggal 1 (Januari 2022) kemarin," tuturnya.

Dipastikan Jamal, jumlah kunjungan wisatawan tersebut masih sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh pemerintah. Khususnya terkait dengan kapasitas maksimal yang diperbolehkan masuk ke tempat wisata.

Berdasarkan regulasi dari pemerintah pusat tepatnya melalui instruksi Menteri Dalam Negeri kapasitas maksimal sebuah tempat wisata maksimal hingga 75 persen saja. Sedangkan jumlah kunjungan wisatawan di Candi Prambanan, kata Jamal, belum melebihi kuota tersebut.

"Sesuai Imendagri kan 75 persen dari kapasitas normal, misalnya 14 ribu per hari kalau 75 persen ya angkanya masih masuklah itu. Belum melebihi kuota," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono menyatakan, angka kunjungan wisatawan yang menghabiskan waktu libur tahun baru di Kabupaten Sleman mengalami peningkatan. Naiknya kunjungan wisatawan itu terjadi khususnya pada akhir pekan atau hari Sabtu dan Minggu kemarin.

Baca Juga: Pengunjung Candi Hanya 1,3 Juta, PT TWC Libatkan Pihak Ketiga Tutupi Biaya Operasional

Sejauh ini destinasi alam terbuka masih menjadi pilihan utama bagi para pelancong. Dengan didominasi oleh rombongan-rombongan keluarga kecil.

"Wisatawan masih memilih destinasi alam atau terbuka untuk tujuan berlibur serta masih didominasi oleh kelompok-kelompok kecil keluarga," ujar pria yang akrab disapa Pram itu.

Dari pantauan Dispar, baik pengelola destinasi dan usaha pariwisata maupun wisatawan, memakai masker dalam beraktivitas, dan melakukan cuci tangan/ memakai hand sanitizer sebelum memasuki destinasi wisata.

Kunjungan wisatawan itu kemudian juga berpengaruh dengan tingkat hunian atau okupansi hotel di Bumi Sembada pada periode yang sama. Selama libur nataru kemarin okupansi hotel di Sleman bahkan menyentuh angka 95 persen.

"Tingkat hunian hotel di Sleman saat libur natal dan tahun baru itu rata-rata 52 persen sampai dengan 95 persen," ungkapnya.

Ia menjelaskan, aktivitas hotel di wilayah Kabupaten Sleman juga sudah sesuai dengan Instruksi Bupati Sleman No. 39/INSTR/2021 Dan SE Kadinas Pariwisata Sleman No. 440/1112 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid 19 pada Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Intinya adalah secara bersama berupaya mencegah potensi penyebaran Covid-19.

Beberapa di antaranya seperti pelaksanaan CITAMASJAJAR dan tidak menyelenggarakan perayaan pergantian tahun baru atau pesta kembang api.

"Aktivitas hotel-hotel pada malam menjelang pergantian tahun sebatas acara gala dinner di restoran dengan dihias atribut pergantian tahun baru yang sampai kurang lebih pukul 22.00 WIB," tandasnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait