facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Target Selesaikan Vaksin Booster Lansia Tengah Februari, Jogja Sasar 1.500 Orang per Hari

Eleonora PEW | Muhammad Ilham Baktora Selasa, 18 Januari 2022 | 16:33 WIB

Target Selesaikan Vaksin Booster Lansia Tengah Februari, Jogja Sasar 1.500 Orang per Hari
Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi memberi keterangan pada wartawan ditemui di tempat kerjanya, Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Senin (10/1/2022). - (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

Pelaksanaan vaksinasi akan memanfaatkan rumah sakit, klinik, dan puskesmas.

SuaraJogja.id - Pemkot Yogyakarta berusaha segera menyelesaikan vaksinasi dosis ketiga atau booster untuk kelompok warga lanjut usia (lansia) pada pertengahan Februari 2022 mendatang. Pemkot menargetkan sekitar 1.200-1.500 warga lansia tervaksin tiap harinya.

"Nanti target per harinya bisa 1.200-1.500 orang tervaksin. Semuanya dalam kondisi yang memang sudah divaksin dua kali dan dalam kondisi yang sehat," ujar Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi kepada wartawan, Selasa (18/1/2022).

Ia melanjutkan, jumlah tersebut diharapkan tercapai. Dengan demikian, pihaknya mendorong perangkat kelurahan dan kemantren melakukan upaya sosialisasi.

"Selanjutnya lurah dan perangkat kemamtren yang mendorong lansia ini segera divaksin. Jadi dari data tiap kelurahan itu sudah ada tinggal di cocokkan," ungkap dia.

Baca Juga: Israel Lakukan Uji Coba Memberi Vaksin Covid-19 Dosis Keempat, Bagaimana Hasilnya?

Pelaksanaan vaksinasi akan memanfaatkan rumah sakit, klinik, dan puskesmas yang ada di Kota Pelajar. Semuanya disesuaikan dengan kapasitas dan ketersediaan vaksin.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani menerangkan pada pembukaan vaksinasi booster Senin (17/1/2022), terdapat 3.600 sasaran warga yang telah divaksin.

"Sejauh ini belum ada laporan KIPI setelah warga mendapat vaksin booster. Masih kami lanjutkan dan dilakukan di puskesmas dan juga rumah sakit," terang dia.

Emma mengatakan ketersediaan vaksin di Kota Jogja masih mencukupi. Dua jenis vaksin yang akan didistribusikan juga sudah disiapkan.

"AstraZeneca dan Pfizer untuk lansia nanti. Semuanya cukup, termasuk untuk vaksin anak usia 6-11 tahun," terang Emma.

Baca Juga: Kemenkes Gunakan Merek Vaksin Berbeda untuk Booster, Ini Penjelasan Kepala Badan POM RI

Ia memastikan vaksinasi booster akan diterima oleh 57.420 orang, meski sebelumnya ditarget 24 ribu orang yang terdaftar di aplikasi pedulilindungi.

"Jadi tidak hanya 24 ribu lansia saja ya, setelah pendataan ada sekitar 57 ribu warga Jogja yang masuk dalam kelompok lansia. Nah itu yang kita targetkan," katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait