facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Maksimalkan Layanan Kesehatan, 37 WBP di Rutan Wates Jalani Vaksinasi Covid-19

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Kamis, 27 Januari 2022 | 21:06 WIB

Maksimalkan Layanan Kesehatan, 37 WBP di Rutan Wates Jalani Vaksinasi Covid-19
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Wates, Kamis (27/1/2022). (Dokumentasi: Rutan Kelas IIB Wates).

Vaksinasi kali ini merupakan vaksinasi WBP yang kesekian kalinya dilaksanakan di Rutan Wates

SuaraJogja.id - Sebanyak 37 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Wates kembali melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 pada Kamis (27/1/2022). Vaksinasi kali ini menyasar semua WBP yang sudah divaksin dosis pertama maupun ke dua.

Kepala Rutan Kelas IIB Wates Deny Fajariyanto menuturkan bahwa kegiatan vaksinasi WBP sendiri ini bukan yang pertama dilaksanakan. Melainkan sudah beberapa kali mengingat adanya tahanan baru yang masuk.

"Vaksinasi kali ini merupakan vaksinasi WBP yang kesekian kalinya dilaksanakan di Rutan Wates dikarenakan terdapat tahanan baru yang masuk ke Rutan dan belum melaksanakan vaksin baik dosis satu maupun dua," kata Deny dalam keterangannya, Kamis (27/1/2022).

Disampaikan Deny, berdasarkan hasil skrining yang dilakukan kepada 37 orang WBP itu semuanya dinyatakan dapat menerima vaksin. Dengan rincian ada 12 orang masih dosis pertama dan 25 orang dosis kedua.

Baca Juga: Malam Tahun Baru Pemkab Tutup Alun-Alun Wates, Pedagang Diminta Cari Tempat Jualan Lain

"Ada beberapa WBP yang belum tevaksinasi baik tahap satu ataupun II, rata rata adalah tahanan baru. Oleh karena itu kita mengakomodir untuk para WBP tersebut untuk medapatkan Vaksin hingga tahap dua," ungkapnya.

Deny menuturkan kegiatan vaksinasi dilaksanakan sebagai bentuk pemenuhan dari para WBP. Khususnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di dalam rutan

Di samping itu, kegiatan vaksinasi juga dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam mempercepat vaksinasi Covid-19. Sehingga, bagi WBP yang sudah mendapat dosis satu dan dua pun juga akan segera dijadwalkan untuk vaksinasi ketiga atau booster.

"Jadi apabila WBP sudah mendaptkan vaksinasi tahap I dan II akan segera kita laksanakan vaksinasi booster untuk WBP," terangnya.

Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi para WBP yang baru ini Rutan Wates dapat meningkatkan sistem imun mereka. Sehingga potensi dampak paparan Covid-19 bisa lebih diminimalisir. 

Baca Juga: Cegah Kerumunan Saat Nataru, Kulon Progo Bakal Tutup Lagi Alun-Alun Wates

Salah satu warga binaan Rutan Wates berinisial AF mengaku senang bisa memperoleh pelayanan vaksinasi Covid-19 di dalam rutan. Bahkan, katanya, tidak hanya vaksinasi saja tapi ada pula pemeriksaan kesehatan yang juga diterima oleh para WBP.

"Hari ini kami WBP mendapatkan pelayanan vaksinasi dan pemeriksaan gula darah serta kolestrol. Saya mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih kepada Rutan Wates dan Puskesmas Wates atas pelayanan yang telah diberikan," ujarnya.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya Rutan Kelas IIB Wates juga telah melaksanakan vaksinasi booster atau dosis ketiga bagi seluruh petugas. Vaksinasi booster untuk petugas itu dilakukan pada tanggal 17-19 Januari 2022 kemarin.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait