facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Nama Dataran Rendah di Pulau Sumatra, Dikenal Punya Banyak Tempat Wisata

Nur Afitria Cika Handayani Selasa, 22 Februari 2022 | 15:26 WIB

Nama Dataran Rendah di Pulau Sumatra, Dikenal Punya Banyak Tempat Wisata
Lomba perahu hias susur Sungai Batanghari dalam rangkaian kegiatan Festival Candi Muaro Jambi. Festival Candi Muaro Jambi pada 2021 masuk dalam kalender Kharisma Even Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2021. Antara/HO-Diskominfo Muaro Jambi

Sumatra menjadi pulau yang memiliki sejumlah dataran rendah. Kebanyakan dataran rendah di Pulau Sumatra berada di Provinsi Jambi.

SuaraJogja.id - Sumatra menjadi pulau yang memiliki sejumlah dataran rendah. Kebanyakan dataran rendah di Pulau Sumatra berada di Provinsi Jambi. Hal itu karena Jambi memang memiliki wilayah yang relatif rendah dari provinsi lain di Sumatra.

Dataran rendah adalah sebuah hamparan tanah atau bidang datar lapang dengan ketinggian yang relatif rendah, tak lebih dari 200 meter di atas permukaan laut.

Sementara itu, dataran tinggi yaitu dataran yang terletak pada ketinggian di atas 700 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi.

Mau tahu nama-nama dataran rendah di Pulau Sumatra? Simak artikel berikut ini. 

Baca Juga: Kisah Surya Manurung Setelah Viral di TikTok, Kini Rambah Dunia Musik

1. Asahan

Asahan adalah dataran rendah di Pulau Sumatra yang memiliki kemiringan lerang curam. Asahan merupakan sebuah kabupaten yang termasuk wilayah Sumatera Utara dan berada di daerah pantai timur.

Dataran rendah yang satu ini berada pada rentang ketinggian antara 0-1000 meter di atas permukaan laut. Daerah pesisir milik Asahan umumnya tergolong datar dan kemiringan lerengnya sekitar 0-3 persen.

Dataran pesisir dari kabupaten ini memiliki elevasi yang berada pada rentang 0-200 meter sebagai dataran rendah. Arus sungai dan laut menyebabkan daerah pesisir dari kabupaten ini kerap mengalami banjir.

2. Muaro Jambi

Baca Juga: Dataran Rendah di Pulau Jawa, Pemandangannya Tak Kalah Indah

Muaro Jambi menjadi salah satu dataran rendah di Sumatra yang cukup terkenal. Wilayah tersebut menyimpan sejumlah obyek wisata sejarah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait