facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Alat Musik Modern, dari Gitar Sampai Saksofon

Pebriansyah Ariefana Senin, 07 Maret 2022 | 17:10 WIB

7 Alat Musik Modern, dari Gitar Sampai Saksofon
Ilustrasi gitar.(unsplash)

Musik adalah salah satu bagian seni yang sudah ada sejak lama. Seiring perkembangan zaman, alat musik modern muncul di samping alat musik tradisional yang dimainkan sebelumnya

SuaraJogja.id - Musik adalah salah satu bagian seni yang sudah ada sejak lama. Seiring perkembangan zaman, alat musik modern muncul di samping alat musik tradisional yang sudah dimainkan sebelumnya.

Kehadiran alat musik modern ini berjalan seiring dengan perkembangan genre musik seperti pop, rock, dan jenis musik kontemporer lain.

Salah satu perbedaan mendasar alat musik modern maupun tradisional adalah tujuan memainkannya. Jika dahulu alat musik digunakan sebagai sarana untuk ritual, kini alat musik modern punya tujuan yang lebih beragam.

Salah satunya yakni wadah ekspresi diri dan kreativitas. Lalu apa saja jenis-jenis alat musik yang perlu kita ketahui? Mari simak artikel berikut ini.

Baca Juga: Macam-macam Alat Musik Modern dan Tradisional di Indonesia

1. Gitar Elektrik

Gitar elektrik moncer seiring perkembangan pesat grup musik atau band modern. Suara gitar elektrik bisa sangat kencang apabila dihubungkan dengan sound system.

Getaran suara senar disalurkan ke bagian kumparan untuk kemudian mengeluarkan suara menggelegar. Suara gitar elektrik juga dapat diubah menggunakan guitar effect untuk menghasilkan efek suara yang khas.

Gitar elektrik biasanya dimainkan bersama dengan instrumen musik lainnya. Walaupun identik dengan musik rock, gitar elektrik juga biasa dimainkan di genre musik lain.

2. Gitar Akustik

Baca Juga: Lirik dan Chord Gitar Lagu Hanya Rindu Milik Andmesh

Gitar akustik juga termasuk alat musik modern lho. Untuk menghasilkan suara, Anda perlu memetik senar gitar dengan jari atau pick. Getaran dari senar nantinya bakal tersalurkan ke bagian jembatan pengikat atau sadel untuk kemudian masuk ke dalam lubang suara.

Suara yang masuk ke dalam ruangan tersebut bakal beresonansi dengan bagian badan gitar yang terbuat dari kayu.

Jenis senar dan kualitas body kayu dari gitar memengaruhi kualitas suara dari gitar akustik tersebut. Gitar akustik biasanya dimainkan secara solo untuk jenis musik acapella.

3. Piano

Piano menjadi alat musik modern yang sangat eksploratif. Bagaimana tidak, piano atau keyboard bisa ditemukan dalam berbagai genre musik, baik rock, pop, hip hop, jazz, hingga metal sekalipun.

Selain itu, keyboard juga punya berbagai macam bank suara yang bisa memudahkan ketika Anda memproses atau menggarap lagu.

Dari sebuah keyboard, Anda tidak hanya bisa mengeluarkan suara khas alat musik tuts, tapi juga bisa membuat draft atau kerangka untuk bagian fundamental lainnya seperti bass dan juga drum.

Selain itu, keyboard juga bisa dengan mudah terhubung dengan alat produksi musik modern, seperti komputer. Jadi Anda bisa bisa lebih mudah mengatur proses rekaman dengan satu alat saja.

4. Terompet

Terompet adalah alat musik modern yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini punya tiga tombol yang harus ditekan secara bersamaan untuk menentukan nada yang keluar. Biarpun kelihatannya gampang, ternyata memainkan terompet butuh teknik yang pas.

Anda harus punya napas panjang dan kuat. Selain itu Anda harus bisa mengatur sendiri udara yang lewat dengan menggunakan tombol-tombol yang ada.

5. Biola

Walaupun sama-sama memiliki senar, cara memainkan biola berbeda dari gitar. Buat memainkan alat musik ini, Anda harus menggesek senar tersebut dengan tongkat khusus. Biola punya empat senar yang masing-masing mewakili kunci G-D-A-E.

Masing-masing kunci disetel sedemikian rupa untuk menghasilkan nada interval kelima yang sempurna. Pemain biola atau violinis biasanya memainkan alat musik ini buat jenis musik klasik. Selain itu, biola juga sering dimainkan pada genre musik jazz, pop, hingga musik rakyat.  

6. Harmonika

Dari semua alat musik modern, harmonika menjadi salah satu alat musik berukuran paling kecil dan paling gampang dibawa. Cara memainkan alat musik ini tidak terlalu rumit sehingga siapapun bisa memainkannya.

Harmonika ternyata sudah lama dikenal oleh masyarakat dunia. Alat musik ini pertama kali muncul 5000 tahun yang lalu di dataran China. Dulunya, harmonika ini disebut dengan nama “sheng”. Lambat laun, alat musik ini pun menyebar ke dataran yang lain dan berevolusi menjadi seperti yang Anda kenal saat ini.

7. Saksofon

Saksofon adalah alat musik modern yang berasal dari kelompok alat musik tiup. Popularitas saksofon sebagai alat musik modern ini didasari karena sering digunakan dalam berbagai komposisi musik jazz.

Meskipun begitu, saksofon juga dapat ditemukan dalam pagelaran orkestra. Untuk komposisi atau aransemen musik, saksofon dinilai memiliki jangkauan nada yang luas. Hal tersebut didasari salah satunya berkat material logam dengan pengaturan katup udara yang membuatnya jadi alat musik modern yang eksploratif. Meskipun dianggap sebagai salah satu alat musik modern, saksofon pertama kali diciptakan pada tahun 1840 di Belgia oleh Adolphe Sax.

Itulah sejumlah alat musik modern yang umum dimainkan saat ini. Anda bisa memainkan yang mana saja nih?

Kontributor : Alan Aliarcham

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait