facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kemenag Resmikan Pusat Observasi Bulan Syekh Bela Belu di Bantul: Bisa Jadi Wahana Edukasi

Eleonora PEW | Rahmat jiwandono Rabu, 18 Mei 2022 | 09:34 WIB

Kemenag Resmikan Pusat Observasi Bulan Syekh Bela Belu di Bantul: Bisa Jadi Wahana Edukasi
Kemenag meresmikan POB Syekh Bela Belu, Parangtritis, Kretek, Bantul, Selasa (17/5/2022). - (SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono)

Dia menyampaikan, adanya fasilitas POB Syekh Bela Belu adalah bukti kehadiran negara untuk memastikan keberlangsungan ibadah.

SuaraJogja.id - Kementerian Agama (Kemenag) meresmikan Gedung Pos Observasi Bulan (POB) Syekh Bela Belu, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Selasa (17/5/2022). Kemenag mendorong agar tempat tersebut bisa dijadikan wisata edukasi.

"Jadi tidak hanya dipakai untuk melihat hilal tiga kali dalam setahun. Tetapu juga dapat dimanfaatkan sebagai wahana edukasi masyarakat untuk meningkatkan literasi di bidang falak," kata Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin.

Dia menyampaikan, adanya fasilitas POB Syekh Bela Belu adalah bukti kehadiran negara untuk memastikan keberlangsungan ibadah, sehingga ibadah warga bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, pihaknya juga meresmikan tiga gedung balai nikah serta manasik haji berbasis Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) KUA Kecamatan Tahun 2021.

Baca Juga: Bawaslu Bantul Dorong Pengembangan Pembentukan Desa Antipolitik Uang

"Revitalisasi KUA juga termasuk mandatori program Gus Menteri Agama, untuk meningkatkan infrastruktur sarana prasarana, kualitas sumber daya manusia, sistem informasi dan sejumlah program afirmatif lainnya," ujarnya.

Menurutnya, pembangunan POB dan KUA ini memiliki tujuan utama memberikan layanan yang bermutu dan berkualitas kepada masyarakat.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Bantul Suparman menambahkan, pembangunan POB Syekh Bela Belu ini merupakan suatu kehormatan bagi Kabupaten Bantul.

“Ini merupakan kehormatan bagi kami dan terletak di posisi yang sangat strategis karena menghadap langsung ke Lantai Parangtritis. POB ini sangat layak dan representatif," terangnya.

Kakanwil Kemenag DIY Masmin Afif menuturkan, jika pembangunan POB Syekh Bela Belu menelan anggaran sebesar Rp3,1 miliar. Sementara alokasi SBSN Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Tahun 2021 di DIY ada tiga lokasi.

Baca Juga: Antisipasi Laka Laut, SAR Satlinmas Bantul Pasang Rambu Bahaya di Sekitar Palung Pantai

"Pertama adalah KUA Tegalrejo Yogyakarta senilai Rp1,7 miliar, KUA Sedayu Bantul Rp1,4 miliar, dan KUA Galur Kulon Progo Rp1,65 miliar," ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait