facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemakaian Masker Tak Lagi Jadi Kewajiban, Dinkes Pastikan Kondisi DIY Sudah Kondusif

Muhammad Ilham Baktora | Hiskia Andika Weadcaksana Kamis, 19 Mei 2022 | 12:10 WIB

Pemakaian Masker Tak Lagi Jadi Kewajiban, Dinkes Pastikan Kondisi DIY Sudah Kondusif
Ilustrasi lepas masker (unsplash.com))

"Kalau melihat angka positif rate kita, mudah-mudahan terus terkendali sampai nanti akhirnya kita distatuskan sebagai endemi," ujar Kepala Dinkes DIY.

SuaraJogja.id - Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan bahwa saat ini kondisi wilayahnya tergolong kondusif atau terkendali dari pandemi Covid-19. Dengan demikian kebijakan pemerintah yang memperbolehkan membuka masker di luar ruangan tidak menjadi masalah.

"Insya allah [situasi Covid-19 di DIY terkendali]. Kalau melihat angka positif rate kita, mudah-mudahan terus terkendali sampai nanti akhirnya kita distatuskan sebagai endemi gitu ya. Harapan kita seperti itu," kata Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie saat dikonfirmasi awak media, Kamis (19/5/2022).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan bagi masyarakat yang berada di ruang terbuka dan tidak padat orang, maka diperkenankan untuk tidak menggunakan masker. Hal tersebut dikarenakan penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air yang semakin terkendali.

Pembajun menilai bahwa apa yang disampaikan pemerintah pusat juga sejalan dengan kondisi yang ada di DIY sendiri. Terkhusus dengan penurunan angka kasus paparan Covid-19 di DIY.

Baca Juga: Yuni Shara Beberkan Rahasia Cantik Awet Muda, Rutin Pakai Masker dari Lendir Lidah Buaya

"Ya saya kira sesuai dengan arahan pusat, bapak Menkes, sesuai dengan perintah dari Presiden ya memang secara nasional angka kasus juga menurun. Di DIY juga demikian pula angka kasus juga sudah semakin turun," ujarnya.

Disampaikan Pembajun, pihaknya tetap berpedoman serta mengikuti arahan dari pimpinan pusat terkait segala kebijakan yang ada. Dengan tidak lupa senantiasa mengingatkan berbagai ketentuan yang masih harus diperhatikan.

"Walupun sudah ada kelonggaran untuk memakai masker tapi tetap waspada. Jadi tetap menjaga kondisi masing-masing, jaraknya diatur, kemudian tetap menjaga prokes, cuci tangan jelas tetap harus dilakukan," tuturnya.

Selain itu, untuk kegiatan di dalam ruangan juga tetap masih harus mematuhi protokol kesehatan. Terutama pemakaian memakai masker itu sendiri.

Namun sejauh ini ia menilai bahwa masyarakat sudah cukup sadar betul terkait dengan berbagai pelajaran selama dua tahun lebih pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga: Menkominfo Klaim Pelonggaran Penggunaan Masker Sudah Matang

"Saya pikir masyarakat di DIY khususnya juga sudah dua tahun lebih kita sudah menimba pelajaran yang cukup banyak. Sehingga bisa mengontrol dirinya masing-masing melihat kondisinya dirinya masing-masing," tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait