facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Fakta Menarik Al Rihla, Bola Piala Dunia yang Diproduksi di Madiun

Muhammad Ilham Baktora Rabu, 22 Juni 2022 | 15:30 WIB

5 Fakta Menarik Al Rihla, Bola Piala Dunia yang Diproduksi di Madiun
Sejumlah pekerja terlihat mewarnai bola di salah satu pabrik di Madiun. (Twitter / @PorosHalangID)

Bola Al Rihla merupakan bola yang akan digunakan pada saat putaran final Piala Dunia di Qatar. Bola yang diproduksi di Indonesia, tepatnya Madian memiliki 5 fakta menarik.

SuaraJogja.id - Baru-baru ini Indonesia digemparkan dengan fakta bola yang akan digunakan pada Piala Dunia di Qatar. Pasalnya Indonesia akan meramaikan perhelatan Piala Dunia 2022 mendatang.

Namun dalam kesempatan tersebut, bukanlah Timnas Indonesia yang akan meramaikan even paling bergengsi dalam dunia sepak bola itu. Melainkan bola yang akan digunakan dalam ajang Piala Dunia 2022 mendatang.

Hingga saat ini, Timnas Indonesia belum bisa menembus putaran final Piala Dunia, akan tetapi Indonesia berpartisipasi langsung dalam perhelatan tersebut. Indonesia kembali dipercaya untuk memproduksi bola Piala Dunia 2022.

Al Rihla adalah bola yang akan digunakan pada putaran final Piala Dunia yang akan berlangsung di Qatar. Al Rihla merupakan bola keluaran Adidas yang diproduksi langsung di Indonesia, tepatnya di Madiun

Baca Juga: Menkes Budi Akui Sulit Pakai Dana FIF untuk Produksi Vaksin Cegah Pandemi Berikutnya

Al Rihlah menjadi bola ofisial ke-14 yang diciptakan khusus untuk digunakan pada Piala Dunia Qatar. Al Rihlah merupakan bahasa Arab yang memiliki arti sebuah perjalanan.

Bola Al Rihlah diklaim sebagai bola tercepat dari edisi-edisi Piala Dunia sebelumnya. Bola ini digadang-gadang memiliki akurasi terbaik daripada bola yang digunakan pada ajang Piala Dunia sebelumnya.

Terdapat lima fakta menarik mengenai bola Al Rihla yang menjadi bola resmi Piala Dunia Qatar yang diproduksi di Indonesia tepatnya Madiun.

Pertama, Al Rihlah merupakan bola ke-14 yang dibuat secara berturut-turut untuk digunakan sebagai bola Piala Dunia.

Kedua, Al Rihlah memiliki desain bentuk panel yang terinspirasi dari Perahu Dhow tradisional.

Baca Juga: Peternak Sapi Perah di Probolinggo Merugi Rp4 Miliar, Produksi Susu Anjlok Gegara Wabah PMK

Ketiga, Memiliki corak solid yang berwarna biru, merah, biru, kuning yang merupakan representasi pemandangan di Doha, Qatar.

Keempat, bola Al Rihlah menjadi bola pertandinga resmi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Kelima, Bola Piala Dunia pertama yang dibuat secara ekslusif dengan tinta dan lem berbahan dasar cair.

Peran Indonesia sebagai produser bola untuk Piala Dunia 2022 mendapatkan sorotan oleh netizen Indonesia. Ada yang berharap semoga sepak bola Indonesia segera menyusul dan merasakan atmosfer sepak bola Piala Dunia

"Timnas belum sampe piala dunia bolanya udah sampe duluan semoga menyusul," ungkap salah seorang netizen.

Kontributor : Moh. Afaf El Kurnia

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait