facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gelaran Porprov Cabor Pencak Silat Kisruh, Netizen Berdebat Soal Ini

Galih Priatmojo Kamis, 30 Juni 2022 | 20:00 WIB

Gelaran Porprov Cabor Pencak Silat Kisruh, Netizen Berdebat Soal Ini
adegan saling pukul cabor pencak silat di gelaran Porprov Jatim. [TikTok @riodanangk_]

Kisruh terjadi saat perhelatan Porprov Jawa Timur untuk cabang olahraga pencak silat.

SuaraJogja.id - Kisruh terjadi saat perhelatan Porprov Jawa Timur untuk cabang olahraga pencak silat. Kejadian terjadi saat laga tanding Jember melawan Surabaya. Pemilik akun @riodanangk_ menjadi salah satu dari banyak akun yang ikut membagikan video kejadian tersebut di TikTok (29/6/2022).

Dalam video tersebut terlihat dua atlet saling tarung dengan intens. Lalu tampak atlet dari sudut merah yang melancarkan pukulan bertubi-tubi ke area bawah leher atlet sudut biru. Hal tersebut lalu menyebabkan atlet dari sudut biru tumbang.

Tidak berapa lama kemudian, terlihat petugas kesehatan yang berlari masuk ke dalam arena untuk memeriksa keadaan atlet sudut biru.

“Mungkin banyak yang melihat dan bertanya-tanya. Mas kan itu sasaran tidak mengenai kepala, kok bisa yang merah kalah diskualifikasi.” tulis @riodanangk_ pada video tersebut.

Baca Juga: Viral Jokes Bapak-bapak versi Airlangga Hartarto: Ronaldinho, Which One is Your Best Gol Ever? Golkar

Pemilik video lalu melanjutkan hendak menjawab pertanyaan tersebut. Ia akan menjawab dengan dua sudut pandang berbeda. Dari sudut pandang kamera yang menangkap jalannya turnamen, serta dari sudut pandang wasi dan para juri.

“Dari pandangan kamera benar, sudut merah tidak melakukan pelanggaran. Serangan juga mengenai sasaran.” begitu tulis @riodanangk_.

“Kesalahan sudut merah menurut pandangan wasit adalah ketika memukul, sudut merah melakukan tarikan dibelakang (baju atlit sudut biru) lalu memukul.” terang @riodanangk_.

Video lantas diedit dengan lebih lambat oleh @riodanangk_ agar para warganet bisa melihat lebih jelas hal tersebut. Terlihat atlit sudut merah menarik jumbai baju atlit sudut biru ke bawah.

“Memukul sambil megang anggota tubuh lawan tidak boleh, harusnya tangkapan tangan dilepaskan dulu,” tulis @dimasprakasa302.

Baca Juga: Begini Cara Najla Bisyir Atur Bisnis Kuliner Dessert Boxnya yang Viral dan Digemari Banyak Kalangan

“Betul tangkapan atau tarikan tidak boleh sambil memukul,” jawab @riodanangk_ membalas komentar tersebut.

“Pukulan awal emng ga kena mas tapi pas badan yang biru nyerong iku kan pukulan terakhir" tertutup dengan badan jadi agak ga kelihatan,” tambah @bagusadjha77.

“Nah pandangan kamera,” balas @riodanangk_.

“Owalah, nah ini penjelasan paling clear nih.. dia memukul dg tangan yg satu masih melakukan tangkapan,” tulis @soracikyuu_.

Warganet juga memohon doa untuk pemulihan atlet dari sudut biru yang tumbang dalam turnamen tersebut.

“Bantu doa untuk ttmn sy dari sdut biru agar cpt smbuh. trimakasih,” doa @bakpaolucuuu untuk atlit di sudut biru.

“Semoga diberi keselamatan selalu untuk sudut biru,” balas @riodanangk_.

Kontributor : gabrella seilatuw

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait