facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rayakan Kepulangan dari Tanah Suci, Jamaah Haji Asal Bugis Dandan Nyentrik Berkalung Emas

Muhammad Ilham Baktora Kamis, 04 Agustus 2022 | 10:25 WIB

Rayakan Kepulangan dari Tanah Suci, Jamaah Haji Asal Bugis Dandan Nyentrik Berkalung Emas
Potret jamaah asal Bugis, Makassar rayakan kepulangan dari tanah suci dengan kenakan pakaian adat (Instagram/@lambe_turah)

Sebuah video yang memperlihatkan momen unik rombongan haji asal Bugis, Makassar saat tiba di tanah air menjadi viral di media sosial.

SuaraJogja.id - Sebuah video yang memperlihatkan momen unik rombongan haji asal Bugis, Makassar setibanya di tanah air menjadi viral di media sosial.

Pasalnya cara rombongan haji yang diketahui berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan ini memiliki tradisi yang berbeda usai melaksanakan ibadah di tanah suci tersebut.

Berbeda dari jamaah haji lainnya yang biasanya akan mengenakan pakaian serba putih seperti yang digunakan saat beribadah di tanah suci.

Sejumlah jemaah asal Bugis ini justru mengenakan pakaian adat dan berdandan cantik alih-alih mengenakan pakaian serba putih.

Baca Juga: Ketua Pembangunan Masjid Raya Makassar Muchtar Luthfi Ditembak di Kepala Setelah Salat Subuh

Momen unik tersebut diunggah oleh sebuah akun Instagram @lambe_turah pada Selasa (2/8/2022) dan menjadi viral di media sosial Instagram.

"Jamaah haji Bugis Makasar ngga ada lawan bestie wkwk," tulis keterangan dalam video tersebut dikutip SuaraJogja.id pada Kamis (4/8/2022).

Adapun dalam video yang ambil oleh seorang laki-laki yang tampak sebagai seorang pramugara itu, memperlihatkan sekilas aktivitas yang tengah dilakukan oleh para jamaah.

Tampak suasana di dalam pesawat yang tengah ramai lantaran para penumpang tengah bersiap melakukan sesuatu.

Para penumpang serempak seketika berganti gaya. Mereka berdandan layaknya akan datang ke acara adat.

Baca Juga: Jamaah Haji Riau Tiba di Batam, akan Diperiksa Kesehatannya di Bandara SSK II

Para jamaah tersebut, mengganti baju yang dikenakan saat beribadah haji dengan setelan baju adat Bugis lengkap dengan perhiasan yang mempercantik tampilan para jamaah tersebut.

Tak hanya itu, sejumlah jamaah wanita tampak sibuk merias wajah layaknya akan datang ke acara pernikahan.

Tak keinggalan setelah selesai mengganti baju dan merias diri, dengan raut wajah bahagia para jemaah haji asal Bugis tersebut tampak berpose di depan kamera.

Usut punya usut, ternyata memang begitulah cara jamaah haji asal Bugis merayakan dan mensyukuri perjalanan haji mereka.

Sontak momen unik sekaligus langka itu pun langsung menuai beragam komentar dari warganet.

"Haji Bugis gitu loh, biasa terjadi," tulis @wetikasma88.

"Udah kebiasaan sih setau aku, jadi kalo di sana bukan pamer. Mungkin kalo di mari jiwa ku yang lain meronta-ronta melihatnya," tulis @traktirintiaphari.

"Keren bu hajah mantap," tulis @kaidra_r.a.

Namun meski telah menjadi tradisi beberapa warganet masih menyayangkan aksi jamaah haji tersebut yang dinilai berlebihan.

"Tidak ada peringatan, tidak ada yang mengingatkan. Jadi kebiasaan ini bukan tradisi. Tradisi itu yang bersifat positif," tulis @dillong_alif.

"Ya Allah ibu, ibu mau ibadah apa fashion week?" tulis @reva_hidayah.

Kontributor : Gita Putri Rahmawati

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait