Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gerakkan Ekonomi Warga, Pemkab Gunungkidul Luncurkan Desa Wisata Candirejo

Eleonora PEW Kamis, 22 September 2022 | 18:30 WIB

Gerakkan Ekonomi Warga, Pemkab Gunungkidul Luncurkan Desa Wisata Candirejo
Bupati Gunung Kidul Sunaryanta memberikan pengarahan kepada pimpinan OPD soal percepatan pembangunan infrastruktur pada Senin (11/4). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunung Kidul)

Di era transformasi teknologi, digitalisasi, dirinya berharap, masyarakat mampu beradaptasi.

SuaraJogja.id - Demi menggerakkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi pemuda setempat, Pemkab Gunungkidul meluncurkan Desa Wisata Candirejo.

Bupati Kulon Progo Sunaryanta di Gunungkidul, Kamis, mengatakan peresmian Desa Wisata Candirejo ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Kami berharap pengelola desa wisata juga memanfaatkan teknologi untuk sarana promosi. Generasi muda harus mampu menjadi garda terdepan dalam percepatan pengembangan Desa Wisata Candirejo, sehingga tidak hanya mendongkrak Ekonomi, tapi juga menciptakan lapangan kerja baru," kata Sunaryanta.

Ia mengatakan, di era transformasi teknologi, digitalisasi, dirinya berharap, masyarakat mampu beradaptasi. Gunakan teknologi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan pemasaran UMKM, sehingga tidak hanya dinikmati warga lokal tapi juga warga luar.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dorong Pelaku Wisata Harus Berkolaborasi Hadapi Situasi Sulit

"Kami berharap perkembangan Desa Wisata Candirejo diimbangi dengan pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat sekitar," harapnya.

Lurah/Kades Candirejo, Renik Warisman mengatakan wilayahnya memiliki potensi wisata yang beragam. Mulai wisata telaga, wisata edukasi, kebun anggur, kebun kelengkeng lengkap dengan potensi UMKM.

“Desa Candirejo memiliki tujuh telaga, 22 potensi UMKM dan banyak sekali spot wisata edukasi,” katanya.

Renik juga mengatakan salah satu wisata telaga yang sudah memiliki pokdarwis yang solid yakni Telaga Nangsri. Pokdarwis Tirta Kencana memiliki segudang prestasi dan selalu menjadi juara pertama dalam kurun waktu dua tahun berturut-turut dalam lomba Pokdarwis tingkat Kabupaten.

“Semua pelaku wisata kebanyakan anak muda. Kekompakannya luar biasa,” katanya.

Baca Juga: Kunjungan Wisatawan Belum Optimal Pascapandemi, TWC Prambanan Gencarkan Promosi

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Arif Aldian mengatakan peringatan hari pariwisata internasional 2022 mengambil tema "Rethingking Tourism". Sehingga dalam kegiatan ini Dinas Pariwisata Gunungkidul melibatkan asosiasi di bawah naungan Dispar Gunungkidul.

“Desa wisata Candirejo ini memiliki banyak sekali destinasi wisata unggulan yang tengah dikembangkan masyarakat. Salah satunya Telaga Nangsri yang airnya tidak pernah surut,” katanya. [ANTARA]

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait