Kaesang Pangarep Tertarik ke Dunia Politik, Pakar Politik UGM: Hal yang Biasa

Kaesang Pangarep disebut tertarik terjun ke dunia politik

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana
Rabu, 25 Januari 2023 | 12:32 WIB
Kaesang Pangarep Tertarik ke Dunia Politik, Pakar Politik UGM: Hal yang Biasa
SBY di pernikahan Kaesang Pangarep. [Instagram/agusyudhoyono]

SuaraJogja.id - Kaesang Pangarep dikabarkan tertarik untuk terjun ke dunia politik. Bahkan ketertarikan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sudah disampaikan langsung kepada sang ayah dan kakaknya Gibran Rakabuming Raka

Menanggapi hal ini, Pakar Politik UGM Wawan Masudi menyebut bahwa ketertarikan Kaesang untuk terjun ke dunia politik itu merupakan suatu yang wajar. Mengingat latar belakang keluarganya yang juga kental dengan politik.


"Keluarga politisi terjun ke politik itu adalah hal yang biasa, itu fenomena yang ditemukan di semua tempat di seluruh dunia itu banyak ditemukan," kata Wawan saat dihubungi, Rabu (25/1/2023).


Dekan Fisipol UGM itu mengatakan bahkan untuk konteks khusus di Indonesia fenomena ini bukan yang pertama. Hampir seluruh elit utama di negeri ini yang keluarganya kemudian terjun juga ke politik.

Baca Juga:Kaesang Pangarep Minta Restu ke Jokowi Mau Terjun ke Politik, Gibran Tak Mendukung: Nambahi Saingan!


Sebut saja Amien Rais, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Megawati Soekarnoputri hingga tokoh-tokoh partai lainnya. Sehingga ini tidak bisa dipandang sebagai fenomena yang unik.


"Di Golkar itu banyak sekali yang merupakan generasi ke sekian dari para elit politik yang ada sebelumnya. Jadi ini bukan fenomena yang unik tapi fenomena umum terjadi bahwa bagian atau anggota keluarga elit politik terjun ke politik ya wajar-wajar saja," terangnya.


Soal kemungkinkan terbentuknya dinasti politik sendiri, kata Wawan, sudah tak bisa ditolak lagi. Apalagi ketika sebuah keluarga besar dan sebagian di dalam keluarga itu memilih masuk ke dunia politik.


Namun ada hal-hal yang kemudian harus dicermati dari kemunculan dinasti politik tersebut. Pertama, terkait dengan seberapa kuat nantinya mendapatkan dukungan dan legitimasi dari masyarakat.


"Kedua, mempunyai karakteristik ideologis tertentu tidak yang hendak dibawa? Nah ini nanti yang perlu dilihat," ucapnya.

Baca Juga:Sempat Bikin Gibran dan Jokowi Syok, Begini Reaksi PDIP soal Kaesang Pengen Terjun ke Politik


Sehingga disampaikan Wawan, jika kemudian Kaesang benar-benar terjun ke dunia politik maka akan menambah daftar panjang keluarga politik di Indonesia. 


Di mulai dari Amien Rais yang mencoba kembali bangkit lewat Partai Ummat, SBY yang sudah jelas menggunakan Partai Demokrat sebagai kendaraan politiknya, hingga keluarga besar Megawati di PDI Perjuangan.


"Kemudian sekarang Jokowi lewat jalur yang lain, jalur kepemimpinan di tingkat lokal. Jadi ini sebenarnya keluarga-keluarga utama ini saja, tinggal kita petakan dan kemudian kita lihat bagaimana kontribusi mereka terhadap demokrasi," tandasnya.


Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengungkap keinginan terbaru dari sang adik, Kaesang Pangarep. Gibran menyebut kalau Kaesang ingin terjun ke dunia politik.


Gibran menerangkan kalau keinginan itu disampaikan Kaesang sendiri di depan ayahnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi ketika pulang ke Surakarta.


"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran.


Pernyataan Kaesang tersebut lantas membuat Jokowi dan Gibran kaget. Kendati begitu, Gibran belum mengetahui apakah Kaesang akan memulai perjalanan politik pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024.


"Nggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya nggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," tambahnya.

News

Terkini

Sandi mengajak semua menteri dan delegasi yang hadir untuk menjadi rojali di ATF tahun ini.

News | 11:16 WIB

Saya ngajak kerjasama parpol (partai politik), pemerintah mengajukan RUU Perampasan Aset.

News | 11:12 WIB

Masyarakat yang sedang melakukan aktivitas di CFD menjadi target utama dari pemasaran produk SUN Ritel khususnya SBR.

News | 23:43 WIB

massa Forum Ukhuwah Islamiyyah DIY gelar aksi mengecam pembakaran Al Quran di Swedia

News | 23:18 WIB

Mahfud MD menyinggung RUU tentang Pembatasan Uang Kartal yang belum juga disahkan.

News | 23:09 WIB

BRI berhasil meraih peringkat bergengsi dari Asean Corporate Governance Scored Card atau ACGS.

News | 20:01 WIB

Semarakkan bulan kasih sayang, Sleman City Hall menyelenggarakan berbagai acara menarik, mulai dari konser Fiersa Besari hingga charity event berhadiah tiket konser BLACKPINK.

Lifestyle | 18:34 WIB

Ratusan orang hadir dengan memakai kebaya untuk memeriahkan acara launching Pakuwon Mall Jogja, Jumat (3/2/2023).

Lifestyle | 17:38 WIB

Terrence menyebutkan bahwa wilayah Asia Tenggara masih menjadi sumber utama bagi Singapura.

News | 14:22 WIB

Teror itu bermuatan politik. Teror buat masyarakat ketakutan. Kalau orang ketakutan, ada orang masuk seolah pahlawan.

News | 14:05 WIB

Program MRA-TP dirancang untuk memfasilitasi pergerakan tenaga kerja profesional pariwisata antaranggota ASEAN

News | 13:55 WIB

Yogyakarta menjadi tuan rumah gelaran ASEAN Tourism Forum atau ATF 2023.

News | 13:45 WIB

Dengan pertumbuhan yang cukup pesat tersebut, ia optimis target 30 juta UMKM yang terdigitalisasi pada 2024 nanti dapat tercapai.

News | 11:38 WIB

Berikut ini kumpulan doa setelah salat fardu yang dapat kamu baca dan amalkan untuk memohon ampunan dari Allah SWT

Lifestyle | 11:15 WIB

belakangan isu tentang kasus penculikan santer beredar di DIY

News | 20:41 WIB
Tampilkan lebih banyak