Bandara New Yogyakarta Belum Diresmikan, Ini Penjelasan Dirut AP I

RR Ukirsari Manggalani | Muslimin Trisyuliono
Bandara New Yogyakarta Belum Diresmikan, Ini Penjelasan Dirut AP I
Bandara New Yogyakarta dijadwalkan akan beroperasi 29 Apri 2019. [Dok. Kemenhub].

Rencananya diresmikan April 2019, namun terjadi penundaan. Berikut penjelasannya.

Suara.com - Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi angkat bicara mengenai bandara New Yogyakarta International Airport (YIA) yang belum diresmikan. Mestinya, pada April 2019 bandara ini sudah mulai dioperasikan.

Menteri BUMN Rini Soemarno (ketiga kanan) didampingi Dirut PT. Angkasa Pura I Faik Fahmi (kiri) meninjau pembangunan Terminal 1 Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo, DI Yogyakarta, Kamis (21/2/2019). [Antara/Andreas Fitri Atmoko]
Menteri BUMN Rini Soemarno (ketiga kanan) didampingi Dirut PT. Angkasa Pura I Faik Fahmi (kiri) meninjau pembangunan Terminal 1 Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo, DI Yogyakarta, Kamis (21/2/2019). [ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko]

Faik Fahmi menjelaskan hingga saat ini pembangunan bandara YIA masih sekitar 65 persen. Menurutnya, beroperasinya bandara YIA untuk mengantisipasi angkutan Lebaran serta membantu slot maskapai penerbangan.

"April kemarin sebetulnya kami operasikan untuk antisipasi angkutan Lebaran, karena Yogyakarta setiap Lebaran penumpang kurang nyaman timbul penumpukan, ada extra flight juga. Tidak bisa diakomodir karena masalah slot," ujar Faik Fahmi, Jumat (5/7/2019).

Faik Fahmi menerangkan, nantinya infrastruktur bandara memiliki luas 219 ribu m2. Namun yang sudah beroperasi sekitar 12.900 m2. Ia menargetkan pembangunan akan rampung pada Desember 2019 untuk diresmikan Presiden Joko Widodo.

"Harapan kami, Desember sudah selesai Presiden bisa resmikan. Insyaallah tercapai," tambahnya.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I (Persero) menginformasikan bandara komersil, yang digadang menjadi pengganti Bandara Adi Sutjipto itu akan diresmikan Presiden Joko Widodo dengan pendaratan kali pertama di lokasi.

Namun, kekinian pihak PT Angkasa Pura memastikan penundaan peresmian melalui pesan yang diterima Suara.com pada Sabtu (27/4/2019).

"Menindaklanjuti informasi dari protokol presiden dan kemenhub maka acara peresmian pengoperasian Yogyakarta International Airport yang semula direncanakan pada Senin (29/4/2019) ditunda hingga informasi selanjutnya. Demikian yang dapat kami sampaikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan. Terima kasih," tulis VP Corporate Secretary PT Angkasa Pura, Handy H.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS