Jokowi Sumbang Dua Sapi ke Warga Jogja, Salah Satunya Peranakan Asing,

Chandra Iswinarno
Jokowi Sumbang Dua Sapi ke Warga Jogja, Salah Satunya Peranakan Asing,
Ketua Takmir Masjid Nur Maunah, Watu Gilang, Mulusan Gunung Kidul, Sumarno menerima sapi kurban. [Suara.com/Putu Ayu P]

Sapi-sapi yang dibeli Jokowi merupakan ternak pilihan.

Suara.com - Menjelang peringatan Iduladha 1440 Hijriah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbang dua ekor sapi untuk warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Rencananya dua ekor sapi tersebut akan diberikan ke dua wilayah yang berbeda.

Satu ekor sapi seberat 1,18 ton akan dibagikan ke warga di Watu Gilang, Mulusan, Paliyan, Gunung Kidul. Satu ekor lainnya seberat 1,2 ton diperuntukkan bagi Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Sapi yang akan dibagikan kepada 600 keluarga di Gunung Kidul merupakan jenis peranakan Australia, Simmental. Sapi yang dikembangkan oleh peternak di Cangkringan, Sleman ini dibeli Jokowi seharga Rp 100 juta.

"Sapi yang dibeli pak presiden ini sudah dilakukan penggemukan selama tiga tahun lebih," ujar peternak sapi Cangkringan Sulistyo di sela penyerahan sapi kurban di Kantor Gubernur DIY pada Jumat (9/8/2019).

Menurut Sulistyo, sapi-sapi yang dibeli Jokowi merupakan ternak pilihan. Setiap hari selalu diberi pakan berkualitas dan dimandikan. Selain itu, juga mendapatkan perawatan kesehatan. Ada peninjauan dari Balai Besar Veteriner Yogyakarta yang mengecek kesehatan ternak mereka.

"Waktu beli ada tim pencari hewan kurban Pak Jokowi yang datang memilih sapi-sapi kami," ungkapnya.

Ketua Takmir Masjid Nur Maunah, Sumarno mengaku sangat senang menerima bantuan hewan kurban dari Presiden. Kesempatan langka itu membuat warga desa setempat sangat antusias menyambut Iduladha kali ini.

"Warga kami sudah tahu dapat sapi dari Pak Presiden, mereka antusias sekali," ungkapnya.

Daging kurban dari Presiden rencananya akan dibagikan kepada 200 jemaah masjid tersebut. Selain itu juga dibagikan pada warga sekitar yang sebagian besar merupakan petani kecil.

"Semoga Pak Jokowi selalu diberi keberkatan dengan memberikan hewan kurban kepada masyarakat yang membutuhkan," imbuhnya.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS