Manokwari Memanas, Polisi Yakin Mahasiswa Papua di Yogyakarta Aman

Chandra Iswinarno
Manokwari Memanas, Polisi Yakin Mahasiswa Papua di Yogyakarta Aman
Kabid Humas Polda DIY Kombespol Yulianto di Polda DIY, Senin (19/8/2019). [Suara.com/Putu Ayu P]

Polda DIY tidak melakukan penjagaan khusus di Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kusumanegara, Yogyakarta.

Suara.com - Meski kondisi di Manokwari, Papua Barat memanas karena kerusuhan, Kepolisian Daerah (Polda) DIY meyakini kondisi di Yogyakarta tetap kondusif. Mahasiswa Papua yang ada di Kota Pendidikan ini pun akan baik-baik saja.

"Mahasiswa di Jogja itu kan baik-baik, tidak ada masalah. Mau dari Papua, Aceh, mau dari seluruh Indonesia semua baik-baik. Mereka menuntut ilmu di Jogja itu untuk membangun wilayahnya setelah lulus, jadi teman yang dari Papua pun di Jogja juga tidak ada masalah. Saya kira sampai hari ini juga saya lihat kondusif," papar Kabid Humas Polda DIY, Kombespol Yulianto di Polda DIY, Senin (19/8/2019).

Karenanya Polda DIY tidak melakukan penjagaan khusus di Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kusumanegara, Yogyakarta. Apalagi tidak ada aksi massa yang dilakukan mahasiswa Papua di kota ini, laiknya di sejumlah daerah.

Polda DY juga belum menerima adanya laporan terkait aksi massa. Selama ini Yogyakarta menjadi salah satu tujuan mahasiswa Papua untuk melanjutkan pendidikannya.

Selama ini keberadaan mahasiswa dari berbagai daerah yang berkuliah di Indonesia baik-baik saja, termasuk mahasiswa Papua. Begitu pula daerah lain yang mampu menjaga iklim DIY yang kondusif.

Setiap tahun, ada ratusan mahasiswa Papua yang berkuliah di sejumlah kampus di DIY. Untuk itu diharapkan mereka bisa tetap fokus belajar demi masa depannya.

"Pokoknya semua mahasiswa yang ada di Jogja, belajar yang baik belajar yang rajin. Cepat lulus, pulang ke daerahnya membangun wilayahnya masing-masing," paparnya.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS