Dengar Habibie Wafat, Ganjar Pranowo Teringat Pesan 'Anak Muda Maju Terus'

Chandra Iswinarno
Dengar Habibie Wafat, Ganjar Pranowo Teringat Pesan 'Anak Muda Maju Terus'
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Suara.com/Umay Saleh)

Mendengar kabar duka cita tersebut mengingatkan Ganjar pada acara PDIP beberapa waktu lalu di Ancol Jakarta.

Suara.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memilki kenangan tersendiri kepada sosok almarhum Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie.

Mendengar kabar duka cita tersebut mengingatkan Ganjar pada acara PDIP beberapa waktu lalu di Ancol Jakarta.

Saat itu, Ganjar datang memasuki ruangan acara, melihat sudah banyak tokoh berkumpul termasuk almarhum. Saat menyalami satu persatu para tokoh, tanpa dia sadari Habibie ada di belakangnya.

"Beliau menepuk pundak saya, saya kaget ternyata Pak Habibie," kata Ganjar, Rabu (11/9/2019).

Tak ada obrolan khusus, bahkan Habibie justru membuka ucapan lebih dahulu. Singkat, namun sangat bermakna bagi Ganjar dengan membisikan sebuah pesan.

"Dia bilang 'anak muda maju terus,' saya hanya mengangguk, hati saya bergetar saat itu," kata Ganjar.

Sempat terdiam mencoba mencerna makna yang diucapkan oleh Habibie. Lantaran, menurut Ganjar dengan intelektualitasnya yang tinggi, Habibie memang dikenal sebagai tokoh yang ungkapannya memiliki makna yang dalam.

Bagi Ganjar, ungkapan tersebut jadi sebuah berkah meskipun sebenarnya masih bertanya-tanya apa sejatinya makna tepukan di pundak dan ungkapan 'maju terus' yang dilontarkan Habibie.

"Beliau ini teknokrat, politisi, beliau ini yang membuat terobosan-terobosan dan seorang legend yang dihormati di seluruh dunia," katanya.

Tak hanya itu, kesan hormat pada sosok Habibie juga dirasakan politisi PDIP itu tatkala Habibie mengekspos pengakuan intelektualnya lewat sebuah surat yang sempat diliput stasiun televisi.

"Pengakuannya setelah melakukan pengembaraan intelektual sampai tuntas, yang paling penting adalah ilmu agama. Itu yang membikin trenyuh," ucapnya.

Ganjar berharap republik ini bakal kembali melahirkan Habibie Habibie lain yang bakal melambungkan negara dengan kecerdasannya.

"Rencananya besok mau memberi penghormatan terakhir di Taman Makam Pahlawan (Kalibata)," katanya.

Untuk diketahui, Presiden RI ke-3 BJ Habibie mengembuskan nafas terakhir pada Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, dalam usia 83 tahun.

Kontributor : Adam Iyasa

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS