Terhempas Ombak, Nelayan Gunungkidul Hilang Saat Selamatkan Anaknya

Chandra Iswinarno
Terhempas Ombak, Nelayan Gunungkidul Hilang Saat Selamatkan Anaknya
Ilustrasi orang tenggelam. (Pixabay/suetot)

Sebenarnya saat kejadian kondisi di pantai lokasi kejadian memang tergolong cerah.

SuaraJogja.id - Dua nelayan di Kabupaten Gunungkidul hilang ditelan ombak pantai selatan. Kedua nelayan yang hilang akibat perahunya terhempas tersebut diketahui merupakan bapak dan anak, Pujiono (40) serta dan Deni Setiawan (14), dari Dusun Nglaban Desa Jepitu Kecamatan Girisubo.

Peristiwa tersebut terjadi saat kedua korban bersama Gusaji (50), Warga Malang Jawa Timur mencari ikan menggunakan perahu bernama lambung, Dewi Bestari di lepas Pantai Wedi Ombo. Sekitar pukul 11.30 WIB, perahu tersebut berada di sisi timur Pantai Watu Lumbung Desa Balong Kecamatan Girisubo.

Namun nahas ketika asyik mencari ikan, perahu mereka dihantam ombak besar selama beberapa waktu. Dan akhirnya, perahu yang mereka gunakan terbalik usai dihantam ombak cukup besar. Ketiganya sempat terombang-ambing di tengah lautan dan berusaha berpegangan dari barang-barang yang tumpah dari perahu mereka.

Menurut Komandan SAR Linmas Wilayah I Gunungkidul Sunu Handoko, Gusaji berhasil meraih badan kapal yang terbalik dan menggunakannya untuk bertahan di tengah laut. Saat itu, konon Gusaji melihat Pujiono berhasil meraih tubuh anaknya dan sempat berenang mempertahankan posisi mereka agar tetap mengapung di permukaan.

"Katanya, karena ombak cukup besar kedua orang tersebut terbawa arus dan hilang ditelan gelombang," tuturnya.

Gusaji yang masih bertahan di atas perahu terbalik, akhirnya berusaha berenang ke tepi. Setelah berusaha keras, Gusaji akhirnya berhasil menggapai bebatuan di bibir pantai sebelum diselamatkan nelayan lain yang kebetulan melintas di tempat tersebut.

Kejadian tersebut akhirnya dilaporkan ke Pos SAR terdekat dan pihaknya langsung melakukan pencarian. Sunu menambahkan, sebenarnya saat kejadian kondisi di pantai lokasi kejadian memang tergolong cerah. Ombak juga tergolong landai meskipun sesekali terjadi ombak yang cukup besar.

Sunu mengatakan, saat ini di Pantai Selatan Gunungkidul tengah memasuki musim ikan tongkol, pascapaceklik ikan.

Kontributor : Julianto

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS