Viral Temuan Bayi Ular Kobra, RSJ Grhasia Sleman Sampaikan Klarifikasi

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Viral Temuan Bayi Ular Kobra, RSJ Grhasia Sleman Sampaikan Klarifikasi
RSJ Grhasia Sleman beri klarifikasi soal temuan anak ular kobra - (Instagram/@merapi_news)

Ular itu mematuk-matukknya kepalanya, mengikuti gerakan tangan seseorang dari luar botol.

SuaraJogja.id - Kabar penemuan anak ular kobra di lingkungan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Grhasia, Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman sempat viral di media sosial.

Menanggapi kabar tersebut, RSJ Grhasia pun menyampaikan klarifikasi, yang diunggah akun Instagram dan Twitter @merapi_news pada Jumat (10/1/2020).

Dalam unggahan tersebut, disertakan video anak ular kobra yang dimasukkan ke dalam botol plastik. Ular itu mematuk-matukknya kepalanya, mengikuti gerakan tangan seseorang dari luar botol.

Sementara itu, pada keterangan video, klarifikasi dari RSJ Grhasia menyebutkan bahwa manajemen RSJ sudah menindak lanjuti kabar penemuan ular dari @merapi_news pada Senin (6/1/2020) itu.

Kabar tersebut dibenarkan, dan pihaknya menyebutkan bahwa lokasi penemuan ular itu adalah di areal pelatihan pertanian, jauh dari perawatan pasien.

Setelah itu, pihak RSJ Grhasia lantas mengecek dan melakukan pembersihan di areal pertanian sebelum kemasukan ular-ular yang lain. Tak hanya itu, RSJ Grhasia menambahkan, pihaknya juga melakukan upaya penanganan lainnya sebagai tindak lanjut dari penemuan ular di lingkungan RSJ.

"RS Jiwa Grhasia juga telah melakukan upaya-upaya penanganan di wisma perawatan, seperti membersihkan wisma perawatan, mengepel dengan disinfektan agar ular tidak mendekati wisma perawatan," bunyi keterangan pada @merapi_news.

RSJ Grhasia Sleman beri klarifikasi soal temuan anak ular kobra - (Instagram/@merapi_news)
RSJ Grhasia Sleman beri klarifikasi soal temuan anak ular kobra - (Instagram/@merapi_news)

Tidak sampai di situ, RSJ Grhasia menambahkan imbauan pada masyarakat supaya tidak menanggapi kabar penemuan ular itu secara berlebihan. Pihaknya menyampaikan bahwa keselamatan pasien dan karyawan di RSJ Grhasia tetap terjamin.

"Karena pihak manejemen RS Jiwa Grhasia menjamin keselamatan pasien dan karyawan," tulis @merapi_news, mengutip klarifikasi dari RSJ Grhasia.

"Demikian klarifikasi kami buat agar tidak terjadi salah paham/pengertian yang dapat meresahkan masyarakat dan keluarga pasien yang kami rawat," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS