Sultan HB X Sebut Keberagaman Itu Rahmat Tuhan yang Harus Dirawat

Galih Priatmojo
Sultan HB X Sebut Keberagaman Itu Rahmat Tuhan yang Harus Dirawat
Gubernur DIY Sri Sultan HB X ditemui wartawan di Kompleks Kepatihan, Kamis (19/12/2019). - (SUARA kontributor/Putu)

Sri Sultan Hamengku Buwono X menggarisbawahi pentingnya menumbuhkan kesadaran tentang keberagaman.

SuaraJogja.id - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, Indonesia bukanlah hanya sekadar nama atau gambar deretan pulau di atas peta dunia. Melainkan, sebuah kekuatan dahsyat yang disegani oleh bangsa lain dengan penuh hormat.

"Inilah realitas bhinneka budaya kita, di mana baju kesatuan disulam, dengan dasar kecintaan terhadap tanah air. Dan Tamansari bernama Indonesia, harus dirawat dengan rasa memiliki," kata dia, dalam Dialog Kebangsaan: Merawat Persatuan, Menghargai Keberagaman, di Auditorium Universitas Islam Indonesia, Sleman, DIY, Selasa (14/1/2020).

Raja Ngayogyakarta Hadiningrat itu meyakini, dengan kerja sama dan persatuan bersama, maka Indonesia akan maju dan gemilang.

Sultan melanjutkan, merawat persatuan sama dengan proaktif menjaga budaya, rasa agar lestari.

"Alangkah eloknya, jika keberagaman terjalin dalam serat yang menguatkan," kata dia.

Ia melihat, keberagaman adalah konsep Tuhan dalam misteri penciptaan semesta. Tidak ada hasil ciptaan yang identik sama, dapat dipastikan ada perbedaan walau sekilas nampak sama.

Keberagamaan adalah realita yang terjadi atas kehendak Tuhan. Maka bila ada yang menentang realitas keberagaman, maka orang itu sedang menentang kehendak Tuhan.

"Keberagamaan adalah keniscayaan yang harus dihargai dan disyukuri. Keberagamaan bukanlah penghalang untuk bersatu," imbuhnya.

Kontributor : Uli Febriarni

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS