Rektor Sutrisna Murka Patung Kembara UNY Dibilang Spot Corat-Coret

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Rektor Sutrisna Murka Patung Kembara UNY Dibilang Spot Corat-Coret
Peresmian Patung Kembara UNY di halaman UNY, Kamis (13/2/2020). - (dok humas UNY)

Sutrisna mengaku, selama ini kata-kata kotor yang ditujukan padanya tak pernah ia respons, tetapi tidak untuk properti UNY.

SuaraJogja.id - Dikenal sebagai sosok yang humoris, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna Wibawa baru saja menunjukkan amarah karena cuitan yang benar-benar menguji kesabarannya. Ia dibuat naik pitam oleh akun yang menyebut Patung Kembara UNY sebagai spot corat-coret.

Melalui Instagram, Sutrisna mengunggah tangakapan layar cuitan akun @KabarUNY. Cuitan itu menyertakan unggahan foto Patung Kembara UNY, yang baru saja diresmikan, Kamis (13/2/2020), dari @unyofficial.

"Spot baru buat corat-coret," kicau @KabarUNY.

Rektor Sutrisna Wibawa murka Patung Kembara UNY dibilang spot corat-coret - (Instagram/@sutrisna.wibawa)
Rektor Sutrisna Wibawa murka Patung Kembara UNY dibilang spot corat-coret - (Instagram/@sutrisna.wibawa)

Sontak, Sutrisna mengungkapkan keheranan sekaligus kekecewannya terhadap akun tersebut. Ia mengaku, selama ini kata-kata kotor yang ditujukan padanya tak pernah ia respons, tetapi kali ini, kata Sutrisna, dirinya tak mau tinggal diam jika properti UNY yang jadi sasaran.

Sutrisna pun mengingatkan supaya seluruh barang-barang milik UNY, termasuk Patung Kembara, dijaga bersama. Untuk itu, ia juga meminta bantuan warganet melaporkan akun Twitter @KabarUNY karena cuitannya yang menggugah emosi tersebut.  

"Saya kadang heran dengan pola pikir mahasiswa seperti ini. Katanya sayang UNY, tapi... astagfirullah... meski patung tersebut dibiayai oleh sponsor bank, tapi itu jadi milik bersama dan jadi kebanggaan UNY. Mohon bantu report aja yang memprovokasi seperti ini (link di story). Ini sudah keterlaluan, selama ini saya diam dikata-katai kotor oleh mereka, tapi jika barang UNY yang enggak dihargai mereka, saya juga harus bertindak!" tulis @sutrisna.wibawa di Instagram, Kamis.

Patung Kembara UNY di Halaman Rektorat UNY telah diresmikan Rektor Sutrisna Wibawa pada Kamis (13/2/2020). Dilansir situs web resmi UNY, dalam sambutannya, Sutrisna menjelaskan, Kembara berarti berkelana mencari ilmu. Ia berharap, satu-satunya karya I Nyoman Nuarta di perguruan tinggi itu menjadi karya seni monumental.

Melalui utas di Twitter, Sutrisna menerangkan, patung itu dibuat oleh I Nyoman Nuarta, seniman tersohor dengan karyanya yang paling populer, patung Garuda Wisnu Kencana (GWK). Sutrisna berkenalan dengan Nuarta di Bandung karena penasaran dengan ide gila Nuarta saat hendak membangun GWK.

Menurut keterangan Sutrisna, Nuarta tak ingin dibayar untuk membuat Patung Kembara UNY. Pihak kampus hanya perlu membelikan bahan stainless, kuningan, dan tembaga dari Jepang, yang biayanya disokong sejumlah sponsor.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS