alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Corona Merebak, Pengelola Goa Kiskendo Ungkap Penurunan Jumlah Wisatawan

M Nurhadi | Hiskia Andika Weadcaksana Sabtu, 21 Maret 2020 | 10:36 WIB

Corona Merebak, Pengelola Goa Kiskendo Ungkap Penurunan Jumlah Wisatawan
Goa kiskendo (Instagram/@upiecupi)

Penurunan jumlah wisatawan lebih dari separuh hari biasa.

SuaraJogja.id - Dampak virus Corona (Covid-19) mulai dirasakan oleh pengelola Gua Kiskendo, jumlah wisatawan yang datang menurun drastis dibandingkan dengan sebelumnya.

Gua Kiskendo adalah salah satu objek wisata yang cukup dikenal di Yogyakarta, berlokasi di Desa Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo.

Dikatakan oleh pengelola Gua Kiskendo, Suisno, merebaknya virus corona menyebabkan kunjungan menjadi turun drastis, bahkan tergolong sepi. Tidak hanya kunjungan ke Gua Kiskendo saja,namun juga kunjungan wisata ke Desa Jatimulyo.

"Penuruan sangat drastis, pokoknya wisata untuk umum atau yang ada hubungan dengan wisata orang ke orang yang jelas mengalami penurunan secara drastis," kata Suisno, saat dihubungi pda Sabtu, (21/3/2020).

Baca Juga: Pamer Stok Es Krim Bejibun di Kulkas, Warganet Ini Panen Kritikan

Menurut penuturan Suisno, di hari biasa kunjungan di lokasi tersebut bisa mencapai ratusan orang dalam sehari, tapi sekarang bahkan tak lebih dari 30 orang.

Lebih jauh, sebelum virus corona menjangkit Indonesia, jumlah pengunjung bisa mencapai 500-an orang dalam sehari. Tapi, akhir-akhir ini tak lebih dari setengahnya saja.

"Secara presentase ya memang turun hampir 60% kunjungan yang datang," tegasnya.

Suisno mengungkapkan, belum ada imbauan terkait menutup objek wisata tersebut. Imbauan sementara masih sekadar untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan diri untuk para wisatawan yang berkunjung.

Pihaknya sendiri sudah menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun di area Gua Kiskendo.

Baca Juga: Ayah Ify Alyssa Meninggal karena Serangan Jantung

Goa ini memiliki kisah-kisah yang menyertainya, hingga menambah daya tarik objek wisata ini. Goa Kiskendo konon sudah ditemukan 2 abad silam. Para leluhur terdahulu memanfaatkan goa ini untuk mencari ketenangan batin dan pencerahan lewat bertapa.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait