Prakiraan Cuaca Jogja Hari Ini, Senin 30 Maret 2020

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Prakiraan Cuaca Jogja Hari Ini, Senin 30 Maret 2020
Ilustrasi hujan. (Shutterstock)

Hujan petir di Sleman dan Kulon Progo.

SuaraJogja.id - Hujan dengan intensitas bervariasi antara rendah hingga yang disertai petir diperkirakan akan mulai turun di DIY pada Senin (30/3/2020) siang ini. Kondisi ini diajabarkan dalam prakiraan cuaca hari ini, Senin 30 Maret 2020 menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Klimatologi (BMKG Staklim) Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Pada siang hari sekitar pukul 13.00 WIB diperkirakan seluruh Kota Yogyakarta diguyur hujan dengan intensitas rendah, lalu meningkat menjadi hujan sedang pada sekitar pukul 16.00 WIB. Hujan diperkirakan reda pada malam hari sekitar pukul 19.00 WIB, di mana cuaca berubah menjadi berawan.

Sementara itu di Kabupaten Sleman, pada jam yang sama, hujan akan mengguyur Berbah, Kalasan, Moyudan, dan Prambanan, sedangkan di Cangkringan, Gamping, Godean, Ngemplak, dan Pakem hujan sedang; Depok, Minggir, dan NNgaglik hujan lebat; dan kecamatan lainnya hujan petir. Pada sekitar pukul 16.00 WIB, hujan petir yang sebelumnya melanda Mlati, Seyegan, Sleman, Tempel, dan Turi akan berubah menjadi hujan lebat saja, seperti di Gamping dan Godean.

Di saat yang sama, hujan petir akan mengguyur Cangkringan, Cangkringan, Depok, Minggir, Moyudan, Ngaglik, Ngemplak, dan Pakem. Di kecamatan lainnya, yakni Berbah, Kalasan, dan Prambanan, hujan sedang. Diperkirakan pada sekitar puku 19.00 WIB hujan di sebagian Sleman reda, dan cuaca menjadi berawan, kecuali di Cangkringan, Depok, Mlati, Ngaglik, Ngemplak, Pakem, Seyegan, Sleman, Tempel, dan Turi, yang hujan dengan intensitas rendah.

Berbeda dari Sleman, hujan di sebagian besar Kabupaten Gunungkidul berintensitas rendah; hanya Gedangsari, Nglipar, Playen, Semanu, dan Wonosari yang hujan sedang. Namun, pada sekitar pukul 16.00 WIB hujan di Gedangsari, Nglipar, Paliyan, Playen, Semanu, dan Wonosari meningkat jadi lebat; Karangmojo, Ngawen, Patuk, Ponjong, Rongkop, dan Semin hujan sedang; dan lainnya hujan saja. Hingga sekitar pukul 19.00 WIB hujan masih turun di Girisubo, Panggang, Purwosari Saptosari, Tanjungsari, dan Tepus, sedangkan wilayah lainnya berawan.

Cuaca yang tak jauh berbeda juga diprediksi terjadi di Kabupaten Bantul. Mayoritas kecamatan di Bantul diguyur hujan dengan intensitas rendah pada sekitar pukul 13.00 WIB, tetapi di Kasihan dan Sedayu hujan sedang. Lalu, hujan sedang turun di Banguntapan, Piyungan, Pleret, dan Sewon pada sekitar pukul 16.00 WIB, saat Bambanglipuro, Kretek, Sanden, dan Srandakan hujan biasa, dan kecamatan lainnya hujan lebat.

Di malam hari sekitar pukul 19.00 WIB, tinggal Bambanglipuro, Kretek, Sanden, dan Srandakan yang masih hujan, sementara wilayah lainnya berawan.

Di sisi lain, hujan lebat mengguyur Kecamatan Kalibawang dan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo pada sekitar pukul 13.00 WIB, ketika hujan biasa turun di kecamatan lainnya. Namun pada sekitar pukul 16.00 WIB, hujan petir melanda Girimulyo, Kalibawang, Nanggulang, dan samigaluh. Saat itu wilayah lainnya hujan biasa.

Kemudian, hujan reda pada sekitar pukul 19.00 WIB, tetapi hujan berintesitas rendah masih awet di Galur, Lendah, Temon, Wates, dan Panjatan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS