Yusuf Mansur dan Erick Thohir akan Ramaikan Gebyar Ramadan Mardliyyah UGM

Galih Priatmojo
Yusuf Mansur dan Erick Thohir akan Ramaikan Gebyar Ramadan Mardliyyah UGM
soft launching Masjid Kampus Mardliyyah UGM, Minggu (10/5/2020). [Dok. UGM]

Melalui acara ini juga akan dilakukan penggalangan dana Mardliyyah Peduli bekerja sama dengan Kitabisa.com

SuaraJogja.id - Panitia Ramadan Masjid Kampus Mardliyyah UGM akan menggelar Gebyar Ramadan Mardliyyah menyambut peringatan malam Nuzulul Quran sekaligus soft launching Masjid Kampus Mardliyyah UGM, Minggu (10/5/2020) malam. Gebyar Ramadan Mardliyyah ini mengangkat tema Memetik Hikmat, Menebar Maslahat, Transformasi Umat.

"Alhamdulillah Masjid Kampus Mardliyyah UGM ini sudah selesai dibangun dan siap beroperasi," tutur Ketua RDK 1441 H Maskam Mardliyyah UGM, Achmad Munjid, seperti rilis yang diterima SuaraJogja.id, Sabtu (9/5/2020).

Munjid menambahkan Masjid Kampus Mardliyyah UGM ini akan menjadi bagian dari Islamic Center di UGM yang menyediakan ruang eksplorasi dan eksperimentasi bagi kaum muda muslim, baik dalam hal pemikiran keagamaan yang progresif maupun untuk mengolah berbagai keterampilan teknis yang vital khususnya dalam teknologi modern dan dunia digital.

"Harapannya akan lahir  para inspiring young Muslim leaders yang moderat, inklusif, bervisi jauh ke depan, kreatif dan inovatif dan berkomitmen untuk kemajuan bangsa," imbuhnya.

Gebyar Ramadan Mardliyyah akan diadakan secara daring (online) dan disiarkan melalui media sosial, melalui  kanal Youtube dan IG, supaya bisa diikuti secara luas oleh khalayak. Pusat kegiatan offline ada di Balairung UGM dengan mematuhi standar keselamatan Covid secara ketat.

Sejumlah tokoh nasional, ustaz dan pemikir Islam terkemuka, musisi, jurnalis, akademisi, influencer, sociopreneur, dan aktivis mahasiswa akan menjadi pengisi acara yang tersusun ke dalam tiga segmen.

Segmen pertama, dengan sub-tema Iqra: Membaca Dinamika Zaman dalam Beragam Perspektif  akan menyajikan bagaimana para tokoh penting mendiskusikan dan mencari solusi bersama bagi masalah-masalah fundamental bangsa, khususnya di tengah situasi krisis akibat pandemi.

Yang akan berbicara adalah Panut Mulyono (Rektor UGM), Pratikno (Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UGM dan Mensesneg), Erick Thohir ( Entrepreneur dan Menteri BUMN), Alissa Wahid (pendiri dan Kordinator Nasional Jaringan Gusdurian) dan akan dipandu oleh Prabu Revolusi (jurnalis).

Pembacaan ayat-ayat suci Al Quran akan dilakukan oleh Muhammad Nur, seorang qari internasional dan uraian hikmah Nuzulul Quran bertema Pemuda Berakhlak Al Quran akan disampaikan oleh Ustaz Yusuf Mansur, dipandu oleh Wirda Mansur, seorang influencer top generasi Muslim milenial. Itu akan hadir di segmen kedua.

Segmen ketiga berupa dialog bertajuk Yang Muda, Yang Cerdas Beragama dan Berkontribusi bagi Bangsa terdiri dari dua sesi. Sesi pertama Spiritualitas Kaum Muda akan diisi oleh Ismail Fajrie Alatas (profesor Islamic studies di New York University, AS), Noe Letto (musisi dan aktivis), Ahmad Fuadi (novelis Negeri Lima Menara), dan dipandu oleh Rangga Almahendra (dosen FEB UGM dan inisiator KHSB).

Sedangkan sesi kedua Anak Muda dan Pemberdayaan Umat akan diisi oleh Ghufron Mustaqim (sociopreneur, Co-founder Evermos, Co-founder Kajianmu), Sulthan Farras (Ketua BEM KM UGM), Alfatih Timur (sociopreneur, pendiri Kitabisa.com) dan akan dipandu oleh Shazza Belladona (TV host Moslem Travellers). Di antara kedua sesi itu akan ada penampilan musik oleh Noe Letto dan Sharla Martiza.

Melalui acara ini juga akan dilakukan penggalangan dana Mardliyyah Peduli bekerja sama dengan Kitabisa.com yang puncaknya akan digelar pada acara Konser Amal.

Acara ini akan disiarkan livestreaming melalui kanal Youtube: Universitas Gadjah Mada dan Instagram: rdkmardliyyah_ugm serta oleh Radio Swaragama. Siaran tunda juga akan dilakukan oleh TVRI Pusat.

Kegiatan ini diharapkan menjadi kegiatan reflektif yang menginspirasi dan bermanfaat luas dalam memaknai ibadah Ramadan di tengah pandemi ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS