Ada Serangan Ubur-ubur di Parangtritis, Netizen Sarankan Berguling di Pasir

Galih Priatmojo
Ada Serangan Ubur-ubur di Parangtritis, Netizen Sarankan Berguling di Pasir
Ilustrasi ubur-ubur. (Suara.com/Rahmad Ali)

Sejumlah wisatawan di Jogja kena sengatan ubur-ubur saat main ke pantai.

SuaraJogja.id - Serangan ubur-ubur menyerang sejumlah wisatawan yang tengah berlibur di kawasan pantai di Jogja.

Setelah sebelumnya dikabarkan sebanyak 40 wisatawan di pantai Kukup diserang sengatan ubur-ubur, kejadian serupa juga terjadi di Pantai Parangtritis.

Hal ini seperti dikisahkan seorang netizen bernama Ria Churnia yang diunggah oleh akun @jogja_ig. Ia mengungkapkan hari Minggu (28/6/2020) kemarin tengah menghabiskan waktu liburan di Pantai Parangtritis bersama keluarganya.

Beberapa waktu usai bermain air, anaknya menangis dan meminta untuk pulang. Belakangan diketahui anaknya tersebut tersengat ubur-ubur.

"Awalnya kami tidak tahu apa yang terjadi dengan anak saya yang mendadak nangis hebat dan mengajak pulang. Lalu saya ajak keluar dan mandikan di dekat kolam renang. Kata bapak penjaganya anak saya kena sengatan ubur-ubur dan menyarankan dibawa ke SAR untuk dapat pertolongan pertama," tulisnya.

Saat menuju pos SAR, ia sempat kaget ternyata tak cuma anaknya saja yang kena sengatan ubur-ubur.

"Dan di sana korbannya ternyata ga cuma anak saya, banyak sekali. Untuk itu temen-temen semua yang ingin berwisata ke pantai mohon sangat hati-hati dan saya sarankan tidak usah mandi karena ubur-ubur tersebut tidak terlihat bisa saja hanya kena serabutnya," tambahnya.

Sejumlah netizen lainnya turut membagikan pengalamannya tersengat ubur-ubur saat bermain di pantai Jogja.

"Pernah tersengat juga dan waktu itu disaranin kasih alkohol 70-90 persen dan madi air tawar bersih. Jadi sekarang kalo mau main ke pantai pasti ready alkohol," kata @a.weldan.z.

"Dulu saya juga pernah tersengat ubur-ubur di Parangtritis juga buk..jangan panik buk Insha Allah aman..cuma sempat meriang sih dulu," kata @ikrimach_abbad.

"Masukan mawon..yang harus dilakukan pertama bagi yang terkena langsung guling-guling di pasir yang kering dan panas. Itu bakal menetralisir sengatan tersebut. Tau seperti ini karena dulu saya pernah ngalamin sendiri waktu renang di Pantai Parangtritis," tukas @agusta.97.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS