Viral di Media Sosial, Ini Cerita di Balik Nama Dita Leni Ravia

M Nurhadi
Viral di Media Sosial, Ini Cerita di Balik Nama Dita Leni Ravia
Dita saat membantu orang tuanya berjualan, Selasa (7/7/2020). [Suarajogja.id / Julianto]

Saat mengajukan nama tersebut, Kepala Dukuh berkali-kali meminta orang tuanya untuk kembali mempertimbangkan nama yang lain.

SuaraJogja.id - Memiliki nama 'Nyleneh' terkadang jadi Buah Simalakama bagi seseorang. Tak jarang, karena nama yang 'unik' bisa jadi bahan ejekan, tapi bisa pula jadi berkah tersendiri.

Seperti pemilik nama Dita Leni Ravia (17) gadis asal Padukuhan Widoro Kalurahan Kanigoro Kepanewonan Saptosari Gunungkidul. Dia mengaku bersyukur atas nama yang unik pemberian orang tuanya tersebut. Karena membuat lebih dikenal oleh orang lain.

Pelajar kelas 12 SMKN 1 Saptosari tersebut mendadak terkenal. Pasalnya, nama pemberian kedua orang tuanya tersebut cukup unik.

Ketika nama tersebut disambung, Ditaleni Rafia dalam Bahasa Jawa memiliki arti Diikat (Tali) Rafia. Tentu saja pemberian nama tersebut terkesan sembrono atau asal-asalan.

Ketika ditemui di rumahnya, Dita tengah membuat lotek. Selama mengikuti kegiatan Belajar di Rumah (BDR), ia berjualan lotek dan pisang cokelat. Selain itu, ia juga membantu orangtuanya berjualan barang-barang kelontong.

Dita sendiri mengaku tidak malu menggunakan nama tersebut, meskipun terkadang menjadi bahan ejekan. Ia justru bangga dengan namanya sendiri, dan tak pernah trpikir untuk berganti nama.

Selama bersekolah baik di SD Gedang Kluthuk, SMP 3 Saptosari ataupun juga SMK N 1 Saptosari, ia tak pernah dirundung.

Bahkan ketika ia mengambil jurusan Otomotif yang ia tekuni kini, ia justru dilindungi oleh teman-temannya yang kebanyakan laki-laki. Uniknya, ia jadi satu-satunya siswi perempuan di kelasnya.

"Banyak pengalaman sih. Pas lomba baca puisi bahasa Jawa di Wonosari sempat ditertawain sama jurinya. Kala itu, saya sempat ditanya apa benar nama saya? Saya jawab iya," ujarnya. 

Kini, berkat namanya yang unik dan sempat viral di Lambe Turah, pengikut di Instagramnya bertambah hingga 4 ribu hanya dalam 2 hari. Pengikutnya tersebut juga cukup aktif.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS