Ada Gejala Mirip Covid-19, Tiga Peserta UTBK di UNY Ditunda Ujiannya

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora
Ada Gejala Mirip Covid-19, Tiga Peserta UTBK di UNY Ditunda Ujiannya
Suasana UNY saat menjelang UTBK di hari ketiga, Selasa (7/7/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

peserta yang sudah mengirim hasil RDT akan mendapat relokasi tempat dan waktu ujian.

SuaraJogja.id - Pelaksanaan UTBK perguruan tinggi di Jogja terhitung sudah dimulai sejak hari Minggu (5/7/2020) kemarin.

Lantaran harus dilaksanakan di tengah situasi pandemi Covid-19, pihak penyelenggara memberlakukan protokol kesehatan ketat bagi para calon mahasiswa yang akan mengikuti tes. 

Selain harus membawa surat sehat dari daerah masing-masing, para peserta juga akan dilakukan tes suhu. Apabila suhu tubuh terdeteksi di atas 37 derajat maka akan ada tindakan khusus yang dilakukan petugas penyelenggara UTBK. 

Di hari ketiga penyelenggaraan UTBK ini, ditemukan ada sebanyak tiga orang peserta yang kondisi kesehatannya urung memenuhi syarat protokol kesehatan. 

Sekretaris Pusat UTBK UNY, Setyo Raharjo menyebut hingga UTBK hari ketiga ini terdapat tiga orang mahasiswa yang ditunda untuk mengikuti ujian. Pasalnya beberapa peserta menunjukkan gejala Covid-19.

"Sejauh ini ada tiga orang peserta yang ditunda untuk melaksanakan ujian. Ada yang suhunya di atas 37,5 ada yang memiliki gejala batuk pilek dan juga ada yang mengeluh kerongkongannya sakit. Tapi tetap tak menghilangkan haknya untuk mengikuti ujian, jadi mereka harus mengirimkan hasil Rapid Diagnostic Test (RDT) kepada pihak UNY dulu," kata dia, Selasa (7/7/2020).

Setyo menuturkan ketiga peserta yang sudah mengirim hasil RDT akan mendapat relokasi tempat dan waktu ujian. Nantinya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang akan menentukan.

"Hasilnya nanti kami kirimkan ke lembaga terkait. Jika dinyatakan negatif, atau non-reaktif, mereka bisa melanjutkan UTBK di hari lain," tambahnya.

Pelaksanaan UTBK di UNY sendiri digelar mulai 5-13 Juli. Nantinya terdapat dua sesi mulai pukul 09.00-11.15 wib dan 14.00-16.15 wib.

"Total peserta 11.081 peserta, tiap sesinya ada 685 peserta. Kami juga menerapkan protokol keamanan covid-19, baik peserta dan juga petugas kampus. Seperti wajib menggunakan masker, mengecek suhu tubuh peserta dan juga mencuci tangan sebelum masuk ke ruang ujian," tukasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS