Ikuti UTBK di Tengah Pandemi, Lutfi Sempat Khawatir Tertular Covid-19

Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora
Ikuti UTBK di Tengah Pandemi, Lutfi Sempat Khawatir Tertular Covid-19
Petugas menjelaskan aturan kepada calon mahasiswa yang akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di UPN Veteran Yogyakarta, Senin (6/7/2020). [Muhammad Ilham Baktora / SuaraJogja.id]

Sejumlah calon mahasiswa diliputi was-was saat ikuti UTBK di tengah pandemi.

SuaraJogja.id - Hari ketiga pelaksanaan UTBK di tengah pandemi sejumlah calon mahasiswa masih diliputi rasa was-was terkait penyebaran Covid-19 yang urung mereda, termasuk di wilayah Jogja.

Ini seperti dirasakan oleh Lutfi Zahra (18). Calon mahasiswa asal Purworejo ini mengaku sempat khawatir jelang berangkat ujian. Ia yang datang dari Purworejo mengaku sempat takut tertular Covid-19 yang tengah mewabah di Kota Pelajar.

"Sebelum berangkat saya mempersiapkan diri, dari pelajaran seperti mengerjakan try out online lalu soal-soal ujian terdahulu, termasuk juga kesehatan. Saya sempat khawatir untuk ujian di Jogja karena sudah berpindah kota dan takutnya saya membawa virus (Covid-19) atau malah saya membawa virus ke rumah setelah ujian. Tapi saya mencoba selalu berpikir positif," kata Lutfi ditemui SuaraJogja.id di UNY, Selasa (7/7/2020).

Mengubah pikiran menjadi positif tak semudah yang dibayangkan. Lutfi bahkan sering bercerita kepada teman-temannya untuk mengubah pikiran negatif menjdi positif.

"Ya namanya ujian untuk bisa diterima di PTN kan sudah keinginan saya. Selain itu agar bisa membantu orang tua, hanya saja saya harus berlomba dengan peserta lain untuk diterima. Jadi semakin menambah beban," ungkapnya.

Calon mahasiswa lainnya, Desi Putri (18) mengaku kesulitan untuk belajar menjelang UTBK. Pasalnya, untuk kembali belajar setelah lulus SMA dirinya mengaku malas.

"Ya mau tidak mau harus saya paksa (untuk belajar), karena memang usai lulus tidak pernah mengulang pelajaran. Jadi menjelang ujian buru-buru belajar. Harapannya bisa lulus di UNY nanti," harap Desi.

Pelaksanaan UTBK di UNY sendiri digelar mulai 5-13 Juli. Nantinya terdapat dua sesi mulai pukul 09.00-11.15 wib dan 14.00-16.15 wib.

"Total peserta 11.081 peserta, tiap sesinya ada 685 peserta. Kami juga menerapkan protokol keamanan covid-19, baik peserta dan juga petugas kampus. Seperti wajib menggunakan masker, mengecek suhu tubuh peserta dan juga mencuci tangan sebelum masuk ke ruang ujian," kata Sekretaris Pusat UTBK UNY, Setyo Raharjo.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS