Unik, ITS Wisuda Online Pakai Game Minecraft untuk Wakili Mahasiswa

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Mutiara Rizka Maulina
Unik, ITS Wisuda Online Pakai Game Minecraft untuk Wakili Mahasiswa
Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) gelar wisuda dengan game minicraft.

Memanfaatkan perangkat game Minecraft, pembukaan wisuda diparodikan karakter game yang mewakili mahasiswa untuk datang ke tempat wisuda.

SuaraJogja.id - Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya menggelar wisuda online untuk kali pertama di tengah pandemi Covid-19. Selain ditayangkan melalui kanal YouTube, prosesi wisuda ini juga menggunakan format game Minecraft dalam pembukaannya.

ITS mewisuda ribuan mahasiswanya secara daring. Acara disiarkan melalui kanal YouTube Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Memanfaatkan perangkat game Minecraft, pembukaan wisuda diperankan karakter game yang mewakili mahasiswa untuk datang ke tempat wisuda.

Cuplikan game tersebut menunjukkan langkah-langkah wisuda pada umumnya, mulai dari datang dan memasuki gedung, kemudian naik ke atas panggung untuk mendapatkan ijazah dan dipindah tali toganya, bertemu rektor, hingga berjalan keluar meninggalkan gedung.

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) gelar wisuda dengan game minicraft.
Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) gelar wisuda dengan game minicraft.

Tonton prosesi wisuda ITS selengkapnya DI SINI.

Cuplikan permainan dalam prosesi tersebut dibuat oleh Mahasiswa Departemen Informatika, yang bertujuan untuk menambah euforia wisuda secara daring pertama di ITS. Para mahasiswa diharapkan dapat merasakan sensasi secara virtual bertemu dengan rektor dan menerima ijazah.

Meski diawali dengan perumpamaan game Minecraft, tetapi prosesi wisuda tetap menghadirkan rektor dan jajaran petinggi universitas lainnya di gedung wisuda. Sementara, paduan suara dan mahasiswa yang diwisuda mengikuti dari kediaman masing-masing.

Disiarkan langsung pada Minggu (2/8/2020), acara wisuda tersebut sudah disaksikan lebih dari 9.000 pengunjung YouTube. Ada 400 lebih warganet lainnya yang menekan tombol suka, serta puluhan komentar yang ditinggalkan.

"Bayangkan ada yang Spawn Wither di tengah prosesi wisuda," tulis akun Rozy Arraff.

"Wisuda pake robot memanglah epic tapi pernah gak si kamu wisuda di game minicraft," komentar akun Alan Yanwar.

Sementara akun Eric Kristian K ikut berkomentar, "Nih kalau mode survival kepencet tap itu orang lain bisa mati wkwkwk,"

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS