alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tuliskan Perjalanan Karier, Om Wawes Buat Buku: Babat Alas Dangdut Anyar

Rendy Adrikni Sadikin | Hikmawan Muhamad Firdaus Kamis, 20 Agustus 2020 | 15:33 WIB

Tuliskan Perjalanan Karier, Om Wawes Buat Buku: Babat Alas Dangdut Anyar
Om Wawes juga rilis sebuah buku berjudul "Babat Alas Dangdut Anyar".[Hikmawan/Suara.com]

Selain itu membahas perkembangan musik dangdut khususnya di Yogyakarta.

SuaraJogja.id - Om Wawes sebagai grup band dengan aliran musik dangdut memberanikan diri membuat sebuah buku yang berisi perjalanan karier dan perkembangan musik dangdut di Yoyakarta.

"Awalnya saya cerita ke salah satu rekan ingin membuat sebuah buku, tidak hanya sebuah buku biografi tentang kami, namun juga perkembangan musik dangdut di Yogyakarta yang saya alami," ujar Dhyen Gaseng sebagai vokalis saat peluncuran buku pada Rabu (19/8/2020) di salah satu cafe di Yogyakarta.

"Saya ingin menulis perkembangan musik dangdut yang saya alami mulai dari awal membentuk Om Wawes dan perkembangan dangdut di Yogyakarta khususnya," ujar Gaseng.

Buku "Babat Alas Dangdut Anyar" ini merupakan salah satu bagian dari item yang diberikan selain sebuah kaset berisi album perdana Om Wawes.

Baca Juga: Dengan Korean Style, De'Queen Siap Ramaikan Belantika Musik Dangdut

Di bagian awal buku ini juga menjelaskan perkembangan musik dangdut di tahun 1970 hingga 2000an. Baru setelah itu dijabarkan perkembangan Om Wawes dari mulai berkarir solo, electone, hingga menjadi band.

Lebih lanjut buku tersebut mencerikatan perjalanan Om Wawes dengan berbagai lika-liku yang dihadapi. Mulai dari mengawali karier di tahun 2012 dari solo, elekton, hingga sekarang menjadi sebuah grup band beraliran dangdut.

"Pada dasarnya musik dangdut akan menjadi sejarah Indonesia dan yang menuliskannya masih jarang, dan menurut saya ini harta karun," ujar Michael HB Raditya selaku penulis buku.

Pembuka Keran

Michael HB Raditya selaku penulis buku, sekaligus alumni Universitas Gajah Mada, mengaku sangat tertarik ketika mendapat tawaran untuk mengerjakan proyek ini.

Baca Juga: Staycation Saat New Normal? Liburan Saja ke Yogyakarta!

"Saya menulis dangdut dari tahun 2011, mulai Rhoma Irama hingga sekarang, namun saya belum membuat buka dan Om Wawes datang dengan inisiatif mereka," buka lulusan UGM tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait