alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Amien Rais Ajak Ulama Seluruh Indonesia Buka Suara Tewasnya Anggota FPI

Galih Priatmojo | Mutiara Rizka Maulina Kamis, 10 Desember 2020 | 14:35 WIB

Amien Rais Ajak Ulama Seluruh Indonesia Buka Suara Tewasnya Anggota FPI
Amien Rais memberikan pendapat pribadi mengenai tewasnya anggota FPI. - (YouTube/Amien Rais Official)

Kepada para ulama dari semua madzhab, partai dan kelompok, Amien mengingatkan bahwa diam seribu bahasa melihat peristiwa kejahatan adalah sebuah kejahatan.

SuaraJogja.id - Mantan Ketua MPR, Amien Rais menyampaikan pendapat pribadinya mengenai peristiwa tewasnya enam anggota ormas FPI. Ia menilai, harus dituntaskan secara menyeluruh mengenai peristiwa tersebut. Proses yang dijalankan juga harus berlangsung transparan dan meyakinkan.

Menurutnya, jika berurusan dengan nyawa manusia akibatnya bisa sangat panjang. Pendiri Partai Ummat itu ikut menyoroti peristiwa yang terjadi pada bulan Mei lalu. Yakni tewasnya seorang pria asal Amerika bernama Geroge Floyd yang berakibat pada terbentuknya demo besar-besaran oleh masyarakat.

Amien menilai, jika salah satu penyebab kekalahan Trump dalam ajang pemilihan presiden adalah karena orang-orang berkulit gelap yang dulu mendukungnya sudah pindah haluan. Dari peristiwa itu, Amien menyimpulkan jika perjuangan hak dan kebenaran bukanlah hal yang mudah. Memerlukan semangat yang terus menerus.

"Sehingga saya diberi tahu salah seorang pemikir kita, mengapa tidak diangkat satu hastag untuk kita, mungkin tidak semuanya mendukung, katakanlah namanya #muslimlivesmatter," ujar Amien.

Baca Juga: Amien Rais Dikawal 2 Pria Bertopi Hitam saat Nyoblos Pilkada, Ada Apa?

Kehidupan orang islam di Indonesia perlu perhatian, betul-betul penanganan yang adil, jitu, egaliter dan tidak bisa dibedakan dengan kelompok lain. Amien setuju jika Presiden Jokowi mendirikan tim forensik independen untuk melakukan autopsi terhadap jasad enam orang anggota FPI yang tewas diberondong peluru.

Selanjutnya, Amien juga menyempaikan jika di Indonesia, kebencian terhadap agama Islam cukup mendalam, meluas, lumayan berakar. Fenomena Islamophobia atau takut akan agama Islam bukanlah peristiwa jaman sekarang. Menurutnya sesuai dengan yang tertulis di al-qur'an bahwa beberapa kaum membenci agam Islam hanya karena menyembah Allah.

Ada banyak ayat dalam al-qur'an yang menjelaskan sejak zaman dahulu yang hatinya benci sekali dengan orang Islam. Kepada para ulama dari semua madzhab, partai dan kelompok, Amien mengingatkan bahwa diam seribu bahasa melihat peristiwa kejahatan adalah sebuah kejahatan.

"Bahkan kalau di dunia barat ada kata-kata silence is violence. Berdiam diri, membisu adalah sebuah kejahatan," imbuhnya.

Melalui video tersebut, Amien ingin mengajak para ulama untuk mulai menyampaikan kebenaran dan hal-hal baik sebagai representasi dari umat Islam. Ia juga mengingatkan bahwa ulama tidak boleh ragu-ragu dalam menyampaikan kebenaran, sesuai yang diperintahkan oleh Allah.

Baca Juga: Nyoblos di Pilkada Sleman, Amien Rais Dikawal 2 Lelaki Pakai Topi UMMAT

Amien Rais memberikan pendapat pribadi mengenai tewasnya anggota FPI. - (YouTube/Amien Rais Official)
Amien Rais memberikan pendapat pribadi mengenai tewasnya anggota FPI. - (YouTube/Amien Rais Official)

Dengar pendapat pribadi Amien Rais DISINI

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait