alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kisah Rumah yang Dihimpit Hotel Bintang Lima, Pernah Ditawar Seharga Kijang

Galih Priatmojo | Hiskia Andika Weadcaksana Kamis, 04 Maret 2021 | 09:23 WIB

Kisah Rumah yang Dihimpit Hotel Bintang Lima, Pernah Ditawar Seharga Kijang
Rumah Tukidi yang berada di Jalan Palagan, Kalurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Rabu (3/3/2021). [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

Rumah Tukidi berada di tengah bangunan hotel bintang lima.

SuaraJogja.id - Siapa masih ingat rumah mungil Carl dan Ellie di film animasi Up buatan Pixar Animation Studios? Rumah yang dihimpit oleh gedung-gedung besar itu akhirnya bisa berpindah tempat dengan cara terbang menggunakan balon warna-warni menuju ke Paradise Falls.

Kondisi hampir sama dialami oleh Tukidi (70) dan istrinya Lasiyem (60). Bukan sama dalam hal menerbangan rumah dengan balon warna-warni tapi posisi rumah yang terhimpit oleh kemegahan bangunan di sekelilingnya.

Rumah yang bisa dibilang 'nyempil' milik Tukidi itu berada di Sedan atau Jalan Palagan, Kalurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman. Rumah sederhana itu berada di tengah megahnya salah satu bangunan hotel bintang lima yang ada di Yogyakarta.

"Saya di sini sudah dari tahun 1985. Ya kalau melihat sekarang, kemajuan zaman memang cepat tapi kalau seperti saya ini malah tidak maju-maju," kata Tukidi sambil terkekeh saat berbincang dengan awak media, di rumahnya, Rabu (3/3/2021).

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Sleman Alami Hujan Es hingga Talut Jebol

Tukidi pemilik rumah yang dihimpit hotel bintang lima di Sleman. [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]
Tukidi pemilik rumah yang dihimpit hotel bintang lima di Sleman. [Hiskia Andika Weadcaksana / SuaraJogja.id]

Tukidi menuturkan bahwa rumah sederhana miliknya itu berada di atas tanah seluas 1.000 meter persegi. Tidak hanya difungsikan sebagai tempat tinggal namun rumahnya itu juga digunakan untuk warung makan.

"Warung ini sudah ada sebelum hotel ini ada. Namanya juga dari dulu Warung Bu Lasiyem [istrinya]," ucapnya.

Rumah Tukidi tidak langsung bersampingan dengan jalan raya.  Letak rumahnya memiliki jarak beberapa meter sebelum menyentuh aspal Jalan Palagan. Kondisi ini membuat rumahnya memiliki halaman yang cukup luas.

Jika tidak teliti dalam mengamati saat lewat Jalan Palagan bisa saja rumah Tukidi tersebut bakal tidak terlihat. Sebab memang selain 'nyempil' sekeliling rumah itu juga ditumbuhi banyak tanaman sehingga terasa rindang.

Selain ditanami tumbuhan sebagai penyejuk rumahnya, sisi kanan, kiri dan belakang rumah Tukidi dibatasi langsung dengan pagar hotel berbintang tersebut.

Baca Juga: Mendadak Mundur dari PSS Sleman, Wawan Febrianto Minta Maaf

"Ini tanah waris kok, tanah turun temurun. Kalau kondisi dulu bentuknya sawah tadah hujan maksudnya kalau musim hujan bisa ditanam padi sekali sesudah itu saat kemarau palawijo," kenangnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait