alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cuaca Ekstrem, Sleman Alami Hujan Es hingga Talut Jebol

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana Rabu, 03 Maret 2021 | 19:23 WIB

Cuaca Ekstrem, Sleman Alami Hujan Es hingga Talut Jebol
Butiran es mengguyur sejumlah titik di Kota Jogja, Rabu (3/3/2021). - (SuaraJogja.id/HO-dok warga Danurejan)

Menurut Prakirawan Stasiun Klimatologi Mlati BMKG Yogyakarta Indah Retno Wulan, hujan es tidak akan terjadi dalam waktu yang lama, atau hanya bertahan dalam hitungan menit.

SuaraJogja.id - Cuaca ekstrem yang menyebabkan hujan dengan curah tinggi pada Rabu (3/3/2021) di Sleman memunculkan sejumlah kejadian di tanah sembada.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan, hujan deras menyebabkan talut buangan air selokan yang berada di bawah Jalan Nyi Tjondro Lukito, Sinduadi, Mlati, Sleman jebol.

"Jebolnya talut tersebut membuat air selokan meluap ke area permukiman dan menggenangi beberapa rumah warga," kata dia, Rabu.

Akibat peristiwa itu, sebanyak delapan unit rumah terendam dengan 57 jiwa terdampak. Jumlah itu terdiri dari 45 dewasa, enam balita, dan enam orang lansia.

Baca Juga: Jogja Hujan Es Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang dan Rumah Rusak

"Hujan lebat di Kabupaten Sleman dan Kota Jogja membuat aliran air menjadi deras. Sekitar pukul 13.30 WIB talut diketahui jebol," terangnya.

Melihat kondisi itu, warga sekitar melakukan penanganan darurat dengan menutup arus aliran selokan yang menuju ke saluran pembuangan. Selain itu, ibu-ibu RT setempat membuat dapur umum.

"Kebutuhan mendesak perlengkapan tidur untuk 14 KK. Supply logistik pangan untuk kebutuhan satu hari," ungkap Makwan.

Selain talut jebol, hujan deras disertai angin kencang juga menyebabkan 27 pohon tumbang, 12 rumah rusak ringan. Selain itu, ada enam titik jaringan listrik rusak, satu tower roboh, satu mobil rusak, satu fasilitas pendidikan (BLK) rusak ringan, dan satu fasilitas ibadah rusak ringan.

Demikian juga terjadi hujan es di beberapa wilayah di Sleman, antara lain di Babadan Kalurahan Girikerto, Donokerto, Kapanewon Turi; Kalurahan Caturharjo, Kapanewon Sleman.

Baca Juga: Hujan Es Guyur Wilayah Jogja, Berikut Penjelasan BMKG

Panewu Turi Subagyo mengaku, hujan es kembali terjadi di wilayah Turi sekitar pukul 13.00 WIB. Sebelumnya, situasi serupa terjadi pada Selasa (2/3/2021).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait